Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik tentang Parepare, Kota Kelahiran Habibie

Selain fakta menarik tentang Parepare, kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke museum perhiasan pertama di Indonesia dan penutupan sementara objek wisata di Pati juga masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini.

oleh Asnida Riani diperbarui 31 Mei 2021, 23:01 WIB
Monumen Cinta Sejati Habibie & Ainun di Parepare, Sulawei Selatan. (dok.Instagram @mutamain.ishak/https://www.instagram.com/p/B2SwrW0BS6g/)

Liputan6.com, Jakarta - Sederet fakta tentang Parepare, kota kelahiran presiden ke-3 RI, BJ Habibie, jadi salah satu yang masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini. Area seluas 99,33 kilometer persegi ini ditinggali suku Bugis yang kebanyakan beragama Islam.

Kata Parepare ditenggarai sebagian orang berasal dari kisah Raja Gowa. Alkisah, Raja Gowa XI, Manrigau Dg. Bonto Karaeng Tunipallangga sedang berjalan-jalan dari Kerajaan Bacukiki ke Kerajaan Soreang. Ia tertarik dengan pemandangan indah dan spontan menyebut "Bajiki Ni Pare" yang berarti "Pelabuhan di kawasan ini dibuat dengan baik."

Sementara, kata Parepare punya arti tersendiri dalam Bahasa Bugis, yaitu kain penghias yang digunakan di acara khusus seperti pernikahan.

Meninggalkan Parepare, artikel tentang kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke museum perhiasan pertama di Indonesia, yang tepatnya berlokasi di Ubud, Bali, juga mencuri perhatian. Nama museum itu adalah Museum Runa atau Runa House of Design and Museum.

Menparekraf bercerita bahwa saat sedang berkeliling museum, ia bertemu Keisha, cucu pemilik museum, yang memiliki suara indah dan bisa bernyanyi seriosa. "Mengingatkan saya pada pemeran wanita di film Phantom of The Opera. Film hit pada 80-an dan diproduksi ulang di tahun 2004," kata Sandi.

Masih dari sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah, memutuskan untuk menutup sementara objek wisata alam dan wisata religi di wilayahnya. Penutupan selama dua pekan ke depan ini dilakukan demi menekan angka transmisi COVID-19.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ulasan selengkapnya.

6 Fakta Menarik tentang Parepare, Tempat Kelahiran Presiden ke-3 RI BJ Habibie

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Parepare, (dok. Instagram @jhunauzumaky/https://www.instagram.com/p/BsEISvcl_gt//)

Kisah cinta BJ Habibie dan Ainun dikenang dan diabadikan melalui Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun di Parepare. Monumen tersebut diketahui merupakan kado pernikahan Habibie pada hari ulang tahun pernikahan dengan Ainun.

Patung yang terbuat dari perunggu ini menggambarkan sosok BJ Habibie yang tengah melambai dengan tangan kanan, sementara tangan kirinya merangkul sang istri. Patung Habibie Ainun diresmikan sendiri oleh BJ Habibie pada 12 Mei 2015.

Selengkapnya...

Berkenalan dengan Museum Perhiasan Pertama di Indonesia yang Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Museum Ruma, museum perhiasan pertama di Indonesia di Bali. (dok. Instagram @sandiuno/https://www.instagram.com/p/CPcZtG7gEVZ/)

Museum Perhiasan Runa didirikan dan dikelola oleh Runa Palar bersama sang suami, Adriaan Palar. Keberadaan museum tersebut berawal dari hobi merancang busana dan membuat perhiasan sendiri bermaterial seperti perak dan emas.

Nama Runa diambil dari singkatan nama Runi dan Adriaan. Museum Perhiasan Runa sendiri telah mengikuti berbagai pameran kesenian.

Selengkapnya...

Pati Tutup Sementara Objek Wisata Alam dan Religi demi Tekan Kasus COVID-19

Arga Pesona merupakan salah satu destinasi wisata hits yang berada di pegunungan Kendeng, tepatnya di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Liputan6.com/ Ahmad Adirin)

Penutupan objek wisata di Kabupaten Pati juga disertai instruksi Bupati Pati, Haryanto, pada berbagai pihak untuk mencegah penyebaran virus.

Sejak awal pandemi, kata Haryanto, Kabupaten Pati belum pernah menangani pasien COVID-19 sampai 88 orang. "Awalnya hanya ada 40 pasien COVID-19, berarti itu naik sampai 100 persen, sehingga lebih baik kami melakukan berbagai tindakan pencegahan," tuturnya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah COVID-19

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya