Microsoft Akan Setop Aplikasi Cortana di Android dan iOS

Microsoft dilaporkan akan menyetop layanan aplikasi Cortana untuk perangkat dengan platform Android dan iOS.

oleh Yuslianson diperbarui 01 Apr 2021, 18:30 WIB
Cortana. (Doc: Windows Central)

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini,Microsoft dilaporkan akan menyetop layanan aplikasi Cortana untuk perangkat dengan platformAndroid dan iOS.

Rencananya, Microsoft akan mematikan asisten digital Cortana di iOS dan Android mulai dari 31 Maret 2021. Demikian dikutip dari laman resmi Microsoft, Kamis (1/4/2021).

Sejumlah fitur Cortana, seperti reminder dan list di aplikasi asisten digital milikMicrosoft ini sudah tidak dapat diakses lagi via smartphone.

Akan tetapi, fitur ini masih tetap bisa diakses melalui Cortana di Windows 10 dan aplikasi Microsoft To Do, untuk Android dan iOS.

Informasi, penutupan layanan ini pertama kali diumumkan kembali pada Juli 2020. Microsoft mengonfirmasi, perusahaan ingin fokusCortana menjadi asisten berbasis AI untuk aplikasi Microsoft 356.

 

2 dari 3 halaman

Tak Berhasil dengan Mobile

Microsoft tampaknya memang kurang sukses dalam bidang mobile.

Namun, perusahaan berusaha menemukan jalan mereka dengan merilis aplikasi untuk berbagai platform.

Microsoft pun kelihatannya masih tertarik pada platform mobile, sayangnya minat itu tak meluas ke aplikasi Cortana khusus untuk seluler.

 

3 dari 3 halaman

Akui Ambil Rekaman Suara Pengguna

Terlepas dari penghentian Cortana, Microsoft mengakui adanya pengambilan rekaman data suara pengguna.

Melalui Cortana dan Skype, Microsoft mengambil rekaman-rekaman data suara pengguna. Demikian seperti dilansir The Tech Portal, Minggu (18/8/2018). 

Hal ini disebutkan dalam kebijakan privasi yang sudah diperbarui Microsoft dan dalam halaman pertanyaan yang sering diajukan pengguna Skype.

(Ysl/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya