Beli Siput Laut di Pasar, Wanita Ini Malah Temukan Mutiara Oranye Miliaran Rupiah

Seorang wanita di Thailand temukan mutiara seharga miliaran rupiah dalam siput laut yang ia beli di pasar.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Mar 2021, 20:10 WIB
Siput Laut (foto: Liputan6.com / ajang nurdin)

Liputan6.com, Satun - Seorang wanita di Satun, Thailand, bernama Kodchakorn Tantiwiwatkul menemukan mutiara oranye di dalam siput laut yang ia beli dari pasar lokal. Mutiara tersebut ternyata bernilai miliar rupiah.

Dikutip dari Mirror, Jumat (26/3/2021), Kodchakorn sedang memotong siput menjadi potongan-potongan kecil saat ia menemukan benda oranye bulat di dalam salah satu cangkang yang awalnya ia kira batu. Setelah ia mengetahui benda tersebut adalah mutiara Melo enam gram yang berukuran 1,5 centimeter.

Takut pedagang pasar yang menjual sibut tersebut akan meminta mutiara itu, Kodchakorn dan keluarganya merahasiakan temuannya.

Kodchakorn menemukan mutiara tersebut pada 30 Januari tahun ini dan baru saja mengumumkan temuannya karena ia berencana untuk menjualnya agar ia dapat membayar biaya pengobatan ibunya.

"Saya menunjukkannya kepada ibu saya dan dia mengatakan itu mutiara Melo dan sangat berharga. Kami juga menonton berita di televisi di mana seorang nelayan menjualnya untuk mendapatkan banyak uang," jelasnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Uang untuk Perawatan Medis

Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon

Ayah Kodchakorn, Niwat Tantiwiwatkul, mengatakan bahwa mereka sangat membutuhkan uang tunai karena ia mengalami kecelakaan dan istrinya membutuhkan perawatan untuk kanker. Karena hal tersebut, mereka mempunyai tagihan medis senilai hampir setengah milair rupiah.

"Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Sekarang, kami putus asa. Istri saya didiagnosis menderita kanker saat saya mengalami kecelakaan. Mutiara Melo ini adalah satu-satunya harapan kami untuk membantu mereka mengakses perawatan yang lebih baik," kata Niwat.

Mutiara Melo diproduksi oleh siput laut yang disebut Volutidae dan biasanya ditemukan di Laut China Selatan dan Laut Andaman lepas pantai Myanmar.

Bukan hanya Kodchakorn, bulan lalu, Monthian Jansuk juga menemukan mutiara yang serupa seharga lebih dari 1 miliar rupiah.

Pihak berwenang mengkonfirmasi bahwa permata tersebut adalah mutiara Melo yang sangat langka dengan berat 65,57 karat. Niwat mengatakan bahwa ia akan menjual mutiara itu seharga kurang dari setengah miliar -- sepertiga dari perkiraan harga.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya