Tanggapan Ridwan Kamil soal Penemuan Kasus Mutasi Corona B117 dari Inggris di Karawang

Mutasi virus corona (Covid-19) varian B117 dari Inggris saat ini sudah masuk ke Indonesia.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 03 Mar 2021, 12:28 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung Mutasi virus corona (Covid-19) varian B117 dari Inggris saat ini sudah masuk ke Indonesia. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengonfirmasi kasusnya ditemukan di Karawang.

Menurut dia, kabar temuan mutasi virus corona B117 tersebut sudah ditangani oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jabar untuk dilacak lebih lanjut dan mengantisipasi merebaknya kasus.

"Varian baru ternyata diberitakan sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang. Oleh karena itu, kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim dari Unpad untuk meneliti UK B117 ini," kata pria yang karib disapa Emil itu di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Emil mengatakan, selain menerjunkan satgas, pihaknya berkoordinasi dengan tim Unpad untuk melakukan penelitian apakah penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang umum, seperti 3M dan 3T, masih berlaku sama atau tidak. Musababnya, sejumlah pihak menilai bahwa mutasi virus ini dinilai lebih cepat menyebarkan virus.

"Apakah sama perlakuan 3M dan 3T-nya kami mohon secepatnya agar ada penelitian. Sehingga kami selaku pengambil keputusan secara tepat bisa merespons dengan cara-cara yang lebih terukur," ujarnya.

Selain itu, Emil meminta agar warga tetap tenang dan tak panik atas temuan ini. Langkah antisipasi telah dilakukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi.

"Ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan," katanya.

Kabar temuan varian virus Corona B117 disampaikan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, kemarin 2 Maret 2021. Bahwa sudah ditemukan dua kasus positif Covid-19 dengan varian B117 di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya