5 Ucapan hingga Doa yang Lazim Disebutkan Saat Perayaan Imlek

Ada sejumlah kalimat doa tahun baru yang identik dengan imlek. Bermakna ucapan hingga doa agar kaya raya.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 12 Feb 2021, 21:14 WIB
Warga keturunan Tionghoa yang mengenakan masker bersembahyang saat Tahun Baru Imlek di sebuah kuil di kawasan China Town, Jakarta, Jumat (12/2/2021). Tradisi sembahyang yang dilakukan pada perayaan tahun baru Imlek kali ini dibatasi untuk mencegah penyebaran covid-19. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun perayaan Tahun Baru China atau Imlek biasanya dilakukan dengan cara bervariasi di seluruh dunia, maka akan sangat berbeda tahun ini karena pandemi COVID-19, memaksa orang untuk tinggal di rumah dan tidak mengunjungi keluarga.

12 Februari menandai hari pertama tahun xin chou, atau Tahun Sapi Logam di Tahun Baru Imlek.

Master feng shui yang berbasis di Hong Kong, Thierry Chow, mengatakan kepada CNN bahwa lembu adalah tanda Shio pekerja keras yang menandakan gerakan.

"Jadi, semoga dunia tidak lagi statis dibanding tahun lalu dan bisa bergerak kembali di paruh kedua tahun ini," ujarnya.

Ada sejumlah kalimat doa tahun baru yang identik dengan imlek. Seperti dikutip dari laman timeout.com, Jumat (12/2/2021):

 

Load More
2 dari 6 halaman

1. 新年快乐 (xīn nián kuài lè)

Pengungsi Tibet memasuki sebuah kuil untuk berdoa pada hari pertama Tahun Baru Imlek di New Delhi, India, pada Jumat (12/2/2021). Mengikuti kalender China, Tahun 2021 adalah Tahun Kerbau Logam. (Jewel SAMAD / AFP)

Apa artinya: Selamat tahun baru.

Kapan Anda harus mengatakannya: Ketika pertama kali berjalan melewati pintu dan semua orang terlalu sibuk bermain untuk menyadari betapa pentingnya hari itu.

 

3 dari 6 halaman

2. 恭喜发财 (gōng xǐ fā cái)

Orang-orang terlihat di luar pemakaman Biandanshan pada hari pertama Tahun Baru Imlek di Wuhan, provinsi Hubei, China pada Jumat (12/2/2021). Penduduk Wuhan, China bersiap menggelar perayaan Imlek yang setahun lalu tak bisa mereka rayakan akibat pandemi Covid-19. (Hector RETAMAL / AFP)

Apa artinya: Semoga Anda kaya.

Kapan mengatakannya: Ketika Anda ingin 'menjilat' atasan atau orang-orang yang memiliki uang sehingga memberikan sedikit uangnya.

 

4 dari 6 halaman

3. 大吉大利 (dà jí dà lì)

Penyelam menampilkan barongsai bawah air di KLCC Aquaria selama perayaan Tahun Baru China atau Imlek di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (12/2/2021). Sosok barongsai identik dengan perayaan Imlek di mana kehadirannya dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat. (AP Photo/Vincent Thian)

Apa artinya: Selamat mencoba dan semoga Anda untung.

Kapan mengatakannya: Ketika Anda berharap teman, sahabat bahkan keluarga tetap untung.

 

5 dari 6 halaman

4. 年年有馀 (nián nián yǒu yú)

Pemudik tiba di Stasiun Kereta Hongqiao di Shanghai pada Senin (20/1/2020). China berada di tengah-tengah kesibukan migrasi manusia tahunan ketika jutaan orang pulang ke kampung halaman mereka untuk menikmati libur Tahun Baru Imlek bersama keluarga. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Apa artinya: Semoga Anda memiliki tahun yang berlimpah.

Kapan harus mengatakannya: Saat Anda menikmati sepiring ikan kukus atau bawal yang disajikan dengan sayuran asin.

 

6 dari 6 halaman

5. 生意兴隆 (shēng yì xīng lóng)

Bayi panda memanjat pajangan untuk Tahun Baru Imlek yang akan datang di Pusat Penelitian dan Konservasi China untuk Panda Raksasa di Cagar Alam Wolong, Provinsi Sichuan, China, 3 Februari 2021. Sepuluh bayi panda memulai debutnya menjelang Tahun Baru Imlek di Cagar Alam Wolong. (Chinatopix via AP)

Apa artinya: Semoga bisnis Anda berkembang.

Kapan harus mengatakannya: Ketika Anda berbicara dengan seorang pelaku bisnis dan berharap serta mendoakan usahanya untung dan berkembang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya