Marullah Matali Dilantik, GPMI Sebut Tugas Sekda DKI Sangat Berat

Gubernur Anies Baswedan melantik Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 18 Januari 2021.

oleh Ika Defianti diperbarui 19 Jan 2021, 10:47 WIB
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Jakarta Syarif Hidayatullah menyebut, tugas Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali sangat berat.

Sebab kata dia, selain harus memahami kecakapan birokrasi dan internal yang bagus, Marullah harus mampu menjadi potret nasionalisme.

"Juga harus mampu menjadi perakit bangsa dan potret nasionalisme yang kuat. Karena di Jakarta ini kan multi dan muka Indonesia," kata Syarif dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Kendati begitu dia menilai Marullah Matali merupakan sosok yang kompeten dan gigih. Selain itu, kata Syarif, mantan Wali Kota Jakarta Selatan merupakan putra Betawi yang menjadikannya paham permasalahan dan teritorial Jakarta.

"Saya berharap Marullah bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mampu menjadikan Jakarta lebih baik, maju, dan mandiri," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 18 Januari 2021. 

Anies mengatakan, pemilihan Sekda DKI sudah diproses berdasarkan UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS.

"Proses itu sudah tuntas. Alhamdulillah, hari ini adalah babak baru, satu sisi menuntaskan proses seleksi, sisi lain memulai kerja besar bersama dengan Sekda yang baru," kata Anies dalam keterangannya.

Load More

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Harapan Anies untuk Marullah

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengharapkan agar Marullah dapat menjalankan amanat baru di tengah pandemi Covid-19.

Sebab saat ini, kata Anies, keadaan kesehatan dan perekonomian di Ibu Kota melemah.

"Selain itu, Sekda juga diminta bisa memastikan koordinasi lintas lembaga pemerintahan di DKI Jakarta berjalan dengan baik. Kemudian, di satu sisi, kita ingin Pemprov DKI Jakarta mengejar target semua terkait pembangunan yang sudah ada baik di RPJMD maupun di KSD," ucap Anies.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya