Kasus COVID-19 Naik, Australia Wajibkan Penggunaan Masker di Dalam Ruangan

Pemerintah Australia mewajibkan penggunaan masker di dalam ruangan seiring naiknya kasus COVID-19.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 04 Jan 2021, 08:00 WIB
Orang-orang mengunjungi Opera House di Sydney pada Rabu (30/12/2020). Pihak berwenang berupaya menekan klaster kasus virus corona Covid-19 yang terus bertambah di kota terpadat di Australia tersebut. (Saeed KHAN / AFP)

Liputan6.com, Sydney - Negara bagian New South Wales (NSW), yang terpadat di Australia melaporkan delapan kasus COVID-19 baru pada hari Minggu (3/1), sementara penghitungan negara tetangga Victoria meningkat tiga, ketika langkah-langkah baru untuk memerangi COVID-19 dimulai.

Melansir Channel News Asia, Minggu (3/1/2021), wabah di NSW dimulai sekitar pertengahan Desember di daerah Pantai Utara Sydney, di mana seperempat juta orang diisolasi secara ketat hingga 9 Januari. Kasus yang terkait dengan cluster tersebut sekarang berjumlah 148 kasus.

Sebuah cluster yang lebih kecil di barat kota, terkait dengan urutan genom yang berbeda, memiliki 13 kasus yang dikonfirmasi. 

Tetapi kepala petugas kesehatan negara bagian itu, Kerry Chant, mengatakan pihak berwenang khawatir karena penularan baru-baru ini di sebuah toko minuman keras terjadi dengan paparan "sekilas".

"Kami tahu peristiwa penularan ini terjadi melalui paparan yang sangat minim. Kami meminta anggota komunitas yang membeli alkohol atau memasuki tempat itu untuk periode itu agar sangat waspada," kata Chant kepada wartawan.

NSW telah mewajibkan penggunaan masker di tempat-tempat dalam ruangan seperti ruang permainan, salon rambut, dan toko karena pihak berwenang mencoba membatasi penyebaran penyakit. Mereka akan diberlakukan secara hukum mulai tengah malam waktu setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 2 halaman

Kasus di Australia

Pejalan kaki melintasi jalan yang biasanya padat dengan lalu lintas di kawasan pusat bisnis di Sydney, Rabu (30/12/2020). Pihak berwenang berupaya menekan klaster kasus virus corona Covid-19 yang terus bertambah di kota terpadat di Australia tersebut. (Saeed KHAN / AFP)

Australia telah menghindari kondisi pandemi terburuk setelah tindakan cepat diambil oleh pihak berwenang untuk menutup perbatasan, memberlakukan penguncian, dan untuk melakukan pengujian luas dan jarak sosial.

Sejak pandemi dimulai, Australia telah melaporkan lebih dari 28.450 kasus COVID-19 dan 909 kematian. 

Di Victoria, di mana semua kasus terkait dengan restoran Melbourne yang sama, para pejabat sedang menyelidiki bagaimana penyakit itu menyebar dari sumbernya di NSW, kata pihak berwenang.

Victoria memiliki lebih dari 30 kasus aktif dan telah mewajibkan penggunaan masker di seluruh negara bagian, membatasi jumlah orang yang dapat bertemu secara sosial dan menutup perbatasannya dengan NSW.

Otoritas kesehatan telah mengidentifikasi 220 "kontak dekat" dan lebih dari 50 "lokasi paparan" terkait dengan kasus positif.

Tapi, "yang penting adalah mereka berada di karantina ketika mereka didiagnosis sehingga risiko penularan selanjutnya berkurang," kata Wakil Kepala Kesehatan Victoria Allen Cheng di Melbourne.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya