Siapa Lebih Hebat, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Ini Jawaban Buffon

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon menjawab perdebatan siapa yang lebih hebat antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 13 Des 2020, 21:00 WIB
Pemain Barcelona Lionel Messi, kanan, dan Cristiano Ronaldo dari Juventus saat pertandingan sepak bola grup G Liga Champions antara FC Barcelona dan Juventus di stadion Camp Nou di Barcelona, ​​Spanyol, Selasa, 8 Desember 2020. (AP Photo / Joan Monfort)

Liputan6.com, Turin - Kiper Juventus, Gianluigi Buffon menjawab perdebatan siapa yang lebih hebat antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Menurut Buffon keduanya tidak bisa dibandingkan karena punya karakter bermain yang berbeda.

"Mereka benar-benar pemain yang berbeda. Messi lebih lengkap, karena dia bermain agak ke dalam, punya kualitas teknik dan visi bermain yang membuatnya mirip seorang gelandang ketimbang striker," kata Buffon seperti dilansir Sportskeeda.

Bukan rahasia lagi kalau Ronaldo dan Messi kerap dibanding-bandingkan. Tidak sedikit yang menyebut Ronaldo lebih baik.

Namun yang menilai Messi lebih baik juga tak kalah banyak. Alhasil, perdebatan soal siap yang lebih hebat antara keduanya menjadi tak berkesudahan.

Kini, Messi dan Ronaldo sudah menginjak usia kepala tiga. Ronaldo berusia 35 tahun, sementara Messi 33 tahun.

 

Saksikan Video Cristiano Ronaldo di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Lebih Efisien

Striker Barcelona, Lionel Messi, berdiri dihadapan kiper Juventus, Gianluigi Buffon, pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (9/12/2020). Aksi La Pulga tersebut karena merasa frusatsi gagal membobol gawang Buffon. (AFP/Josep Lago)

Faktor usia itulah yang menurut Buffon membuat keduanya berbeda. Buffon menilai, pergerakan Ronaldo kini lebih efisien.

"Ronaldo, mungkin karena dia sedikit lebih tua telah menjadi predator di kotak penalti. Jika dibandingkan dengan dia yang dulu, Ronaldo kini lebih banyak menyimpan energi," kata Buffon.

"Jadi, dia tidak lagi bergerak dari sayap atau menggocek lawan. Tetapi dengan satu sentuhan, dia bisa mencetak gol," ujarnya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Juventus vs Barcelona

Di musim ini, pertemuan antara kedua pemain untuk pertama kalinya tercipta usai Ronaldo pindah ke Juventus dua musim lalu. Itu terjadi saat Juventus bertemu Barcelona di laga fase grup Liga Champions di Camp Nou.

Kali ini, Ronaldo berhasil membawa Juventus mempecundangi Barcelona yang diperkuat Messi dengan skor 3-0. Ronaldo mencetak dua dari tiga gol tersebut.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya