Masa Pensiun Sudah Dekat? Berikut 4 Cara Bersiap Diri

Ketika masa pensiun sudah dekat tetapi Anda belum mempersiapkannya? jangan panik simak 4 cara ini

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Nov 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi pensiun (iStock).

Liputan6.com, Jakarta Tentunya setiap orang ingin memiliki masa pensiun yang indah dan tidak membebani orang sekitarnya. Ketika sudah memiliki rencana pensiun di umur tertentu, kemungkinan besar Anda harus sudah mencapai sebagai besar tujuan keuangan.

Perlu diingat pensiun adalah awal dari tahap baru dalam hidup dan waktu yang tepat untuk mewujudkan impian Anda. Penisun sendiri tidak boleh dianggap sebagai akhir dari karir atau perjalanan finansial.

Ketika sudah pensiun, tentunya masih banyak hal yang dapat dikerjakan walaupun dengan energi yang tidak seperti dahulu kala.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (6/11/2020) berikut 4 cara untuk mendapatkan kembali tujuan Anda dan melanjutkan perjalanan menuju keamanan finansial yang lebih baik:

1. Bangun jaringan pengaman yang kuat untuk diri sendiri dan keluarga

Ketika semakin tua maka kebutuhan akan layanan medis kemungkinan akan semakin besar dan meningkat.

Produk asuransi tambahan, seperti asuransi perawatan jangka panjang, asuransi jiwa merupakan investasi yang baik.

Di masa pensiun, terus pertimbangkan bagaimana berinvestasi pada diri sendiri untuk masa depan keuangan Anda.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Cara selanjutnya

Ilustrasi pensiun (iStock).

2. Jalani gaya hidup yang selalu diinginkan

Ketika pensiun, mungkin tidak membutuhkan banyak hal seperti sedia kala. Oleh karena itu tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda ingin hidup. Jangan sampai ketika masa pensiun Anda menyusahkan orang yang ada disekitar.

3. Memulai pendidikan baru

Masa pensiun adalah waktu yang tepat untuk melanjutkan pendidikan terhadap hal-hal yang diminati bertahun-tahun lalu. Tidak ada batasan umur ketika Anda ingin belajar, karena ilmu yang akan didapatkan nantinya juga untuk memperkaya diri Anda sendiri.

Dengan belajar terus-menerus seiring bertambahnya usia maka dapat mempertahankan kemampuan kognitif Anda.

4. Buka kemungkinan karir baru dan kewirausahaan

Dengan pensiun maka Anda dapat kesempatan untuk mengejar tujuan yang baru. Tujuan finansial sekarang adalah untuk dapat melakukan apa yang diinginkan dan apa yang disukai.

Anda sendiri tidak akan pernah tahu apa yang dapat dicapai ketika dengan sepenuh hari mengejar sesuatu tanpa kendala keuangan.

Seseorang tidak pernah terlalu tua untuk mencoba atau mempelajari sesuatu yang baru. Ingatlah bahwa banyak orang sukses yang mencapai kesuksesannya di kemudian hari.

Perjalanan finansial Anda setelah pensiun mungkin akan membawa ke tempat baru dan penting untuk terbuka terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Sehingga rencanakan keuangan Anda sedini mungkin sehingga terdapat cukup uang untuk mengejar usaha yang menarik.

Selain itu, berkonsultasilah dengan perencana keuangan sehingga dapat sangat membantu usaha Anda di masa depat tanpa harus mempertaruhkan gaya hidup pensiun.

 

Reporter: Tasya Stevany

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya