Top 3 News: Desakan Putus Hubungan Diplomatik Jika Macron Tak Minta Maaf

Top 3 News hari ini, organisasi keislaman di Tanah Air, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) meminta Presiden Macron meminta maaf kepada umat Muslim.

oleh Muhammad AliMaria FloraAdy AnugrahadiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 09 Nov 2020, 18:09 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron merangkul Presiden Jokowi. (Biro Pers Istana)

Liputan6.com, Jakarta Top 3 News hari ini, kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dinilai telah menghina agama Islam terus berdatangan dari para pemimpin negeri. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pernyataan yang dilontarkan Presiden Macron telah menyakiti perasaan seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dia pun menegaskan bahwa tidak ada satu pun agama di dunia yang terkait dengan tindakan terorisme.

Terkait hal ini, organisasi keislaman di Tanah Air, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) meminta Presiden Macron meminta maaf kepada umat Muslim.

Jika tidak pemerintah diminta untuk memutus hubungan diplomatik sementara dengan Prancis. Hal ini diungkap Sekretari Bamusi Nasyirul Falah Amru.

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian terkait para pengendara Motor Gede (Moge) yang dinilai terlalu bersikap arogan saat tengah mengaspal di jalan.

Belum lama ini aksi itu ditunjukkan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Rombongan pengendara Moge menggeber (blayer) motornya hingga membuat dua anggota TNI yang tengah berboncengan terkejut dan terjatuh di bahu jalan.

Tak kalah viralnya saat seorang pesepeda mengadang pengendara Moge di perempatan Ring Road Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Sabtu, 15 Agustus 2018. Rombongan tersebut mencoba menerobos lampu merah di perempatan Condongcatur.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu, 1 November 2020:

 

  

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

1. Macron Tak Minta Maaf ke Umat Islam, Indonesia Diminta Putus Hubungan Diplomatik

Jokowi selfie dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela KTT G20 Hamburg, Jerman. (Instagram/Marlisa Soepeno)

Gelombang protes yang mayoritas datang dari umat Islam atas pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron terjadi di seluruh penjuru negeri tak terkecuali di tanah Air. Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga ikut turut mengecam.

Terkait hal ini, Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Nasyirul Falah Amru sepakat apa yang dilakukan Presiden Jokowi. Bahkan, dia meminta Macron meminta maaf kepada umat Muslim.

"Pernyataan dan sikap Presiden Macron itu telah membuat hati umat Islam sedunia sakit. Kami mendesak Pemerintah Prancis untuk meminta maaf kepada umat Islam," kata pria karib disapa Gus Falah ini lewat siaran persnya, Minggu (1/10/2020).

Jika Presiden Macron tidak mau meminta maaf, Bamusi menyerukan agar pemerintahan Jokowi, bisa menghentikan hubungan diplomatik sementara dengan Prancis.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 4 Kelakuan Pengendara Moge di Jalan, Lawan Arah dan Diadang Pesepeda

Ilustrasi pengendara moge di jalan bebas hambatan. (ist)

Peristiwa yang terjadi di Bukittinggi bukan menjadi kasus pertama yang melibatkan penunggang moge. Jauh sebelum itu, para pengendara motor mahal ini juga pernah berhadapan dengan masyarakat biasa.

Seperti yang di Yogyakarta lima tahun silam. Saat itu, seorang pesepeda melawan rombongan moge dengan mengadangnya. Hal ini menyusul sikap mereka yang dinilai tidak menghiraukan aturan lalu lintas.

Pengendara sepeda tersebut mengadang pengendara Moge dan polisi karena mencoba menerobos lampu merah di perempatan Condongcatur.

 

Selengkapnya...

 

4 dari 4 halaman

3. Tersangka Pengendara Moge Pengeroyok TNI Pegang Ponsel, Ini Penjelasan Polisi

Ilustrasi Garis Polisi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sempat beredar sebuah foto yang memperlihatkan salah satu tersangka pengeroyokan terhadap dua anggota TNI masih memegang alat komunikasi. Kepolisian pun memberikan penjelasaan.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake mengatakan, gambar itu diambil ketika tersangka sedang interogasi penyidik.

"(Foto itu) sepertinya masih dalam interogasi dan belum ditahan," kata Stefanus menjelaskan foto tersebut, Minggu (1/11/2020).

Dalam foto yang diterima, terlihat tiga orang berbaju hijau duduk di atas sofa berwana cokelat. Dua dari ketiga orang terlihat memegang ponsel. Sedangkan, satu lagi meletakkan ponsel di atas pahanya.

 

Selengkapnya...

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya