Sontek 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang-Orang Sukses

Bangun jauh lebih pagi dari biasanya, dapat membantu seseorang mengumpulkan energi dan pikiran jauh lebih baik.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Okt 2020, 14:51 WIB
Ilustrasi Orang sukses

Liputan6.com, Jakarta - Menggapai kesuksesan membutuhkan waktu. Namun sebuah kesuksesan bukan tidak datang jika kita bisa memulai melakukan kebiasaan-kebiasaan mulai dari sekarang.

Dilansir dari theladders.com, berikut ini adalah tips dari beberapa ahli serta kumpulan studi yang bisa membuat seseorang bisa jauh lebih sukses dengan tingkat produktivitas jadwalnya.

1. Kegiatan Waktu Pagi

Laura Vanderkam yang merupakan penulis dari buku "What Most Succesfull People Do Before Breakfast" melakukan sebuah studi kepada banyak tokoh sukses. Laura menemukan bahwa, orang yang sukses mempunyai tendensi untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

Dirinya beranggapan, bahwa bangun jauhlebih pagi dari biasanya, dapat membantu seseorang mengumpulkan energi dan pikiran jauh lebih baik. Karena biasanya, masa-masa subuh belum banyak kegiatan dan hingar-bingar yang terjadi. Sehingga seseorang bisa mempunyai membuat tujuan hari-harinya dengan jauh lebih jernih.

2. Kerjakan Sesuatu yang Penting, Tanpa Ada Gangguan

Banyak orang pada pagi hari biasanya, mengecek email atau melakukan meeting dengan tim kerjanya. Roy Baumister yang merupakan ahli dalam soal efektivitas, menyatakan bahwa, otak manusia bekerja paling kencang di jangka waktu 2-4 jam setelah bangun tidur. Jadi sebaiknya pekerjaan yang dianggap jauh lebih penting ataupunsulit, sebaiknya dikerjakan pada pagi hari.

3. Review Kegiatan Saat Mulai Merasa Lelah

Beristirahat dan melakukan ulasan terhadap pencapaian sehari-hari diri sendiri dipercayai bisa menjernihkan kepenatan pikiran dan tenaga, entah itu secara fisik maupun mental.Sebuah penelitian dari Harvard menyatakan, bahwa mengetahui perkembangan tahap, tujuan, dan hasil sangat memotivasi seseorang untuk bergerak atau bekerja kembali sampai waktu istirahat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

4. Melakukan Meeting pada Siang hari

Ilustrasi meeting. Sumber foto: unsplash/You X Ventures.

Saat energi sedang tinggi, sebaiknya porsi tersebut diberikan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat kreatif. Scott Adams, yang merupakan kreator dari "Gilbert" membuat tulisan atau gambar komiknya pada pagi hari, sedangkan pada siang hari dirinya memfokuskankepada ide kreatif untuk kelanjutan ceritanya.

5. Rileks pada Sore Hari

Walaupun banyak orang sukses, bekerja hingga seharian, tapi kebanyakan dari mereka menggunakan sore hari sebagai periode rileksasi. Tim Ferrisyang merupakan seorang entrpreneur serta investor di Amerika, menyatakan bahwa dirinya menggunakan waktu sore hari untuk mencatat, tujuan-tujuan yang ingindicapainya jangka pendek maupun panjang.

Menurut penelitian dari American Psychological Association, kegiatan rileksasi paling efektif contohnya adalah seperti berjalan santai sore, mengobrol dengan teman atau keluarga, berolahraga, melakukan kegiatan spiritual ataupun mendengarkan musik.

Kegiatan seperti berjudi, merokok, minum-minuman berkalkohol, bermain video game dan menonton streaming hinga berjam-jam, dianggap tidak efektif untuk rileksasi.

 

 

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya