Warna Mata Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang, Berikut Penjelasannya

Tak banyak yang tahu, warna mata ternyata bisa mengungkap kepribadian seseorang loh.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 03 Okt 2020, 17:00 WIB
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Mata menjadi salah satu anggota tubuh yang sangat penting bagi semua manusia. Terlepas dari fungsinya, mata juga terdiri dari berbagai macam warna. Sekitar 79 persen orang di dunia memiliki mata berwarna cokelat, 8 hingga 10 persen memiliki mata biru, 5 persen memiliki mata cokelat dan hanya 2 persen orang yang memiliki mata hijau.

Mungkin tak banyak dari kalian yang tahu bahwa peneliti menemukan ciri-ciri kepribadian khusus untuk setiap warna mata yang dimiliki seseorang dan telah menemukan beberapa pola umum.

Bright Side yang dikutip Jumat (2/10/2020) telah mencari tahu ciri-ciri sifat seseorang berdasarkan pada warna mata mereka.

Berikut 6 penelitian tentang warna mata yang dikaitkan dengan sifat seseorang:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 7 halaman

1. Mata berwarna terang mentolerir rasa sakit lebih baik

ilustrasi mata (sumber: Pixabay)

Satu studi menunjukkan bahwa wanita dengan mata hijau atau biru dapat mengatasi rasa sakit dan stres lebih baik daripada wanita dengan mata coklat atau gelap.

Selama kehamilan dan persalinan, kelompok pertama dengan mata berwarna terang tampaknya tidak terlalu merasakan sakit.

Selain itu, mereka mengalami lebih sedikit kecemasan dan depresi setelah lahir. Kelompok dengan mata gelap memiliki lebih banyak pikiran negatif.

 

3 dari 7 halaman

2. Orang dengan mata coklat dianggap bisa dipercaya

ilustrasi mata panda/pixabay

Ada sebuah survei yang menanyai 1.016 wanita dari usia 16 hingga 35 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita sering mengaitkan warna mata dengan fitur tertentu. Peneliti menemukan bahwa orang dengan mata coklat dianggap cerdas dan baik hati. Apalagi, orang cenderung lebih mempercayai mereka.

 

4 dari 7 halaman

3. Orang dengan mata biru dianggap manis dan menarik

Ilustrasi Mata Tunanetra. Foto: Nika Akin Pixabay.

Survei yang sama menunjukkan bahwa orang dengan mata biru dipersepsikan dengan cara yang berbeda. Faktanya, mereka dianggap lebih baik dan manis.

Sementara mata yang lebih gelap tampaknya berjalan seiring dengan kecerdasan. Namun sebaliknya, kelompok orang dengan mata biru dianggap lebih menarik secara fisik.

 

5 dari 7 halaman

4. Orang dengan mata hijau dianggap kreatif dan licik

ilustrasi mata (Pixabay.com)

29 persen partisipan penelitian mengatakan bahwa mereka menganggap mata hijau yang paling menarik. Selain itu, warna ini menggambarkan kreativitas dan semacam kelicikan. Sebelumnya, mata seperti itu dianggap jahat di beberapa daerah. Tapi ini mungkin karena mereka sangat langka.

 

6 dari 7 halaman

5. Pria dengan mata coklat muda memiliki lebih banyak masalah kejiwaan dibandingkan wanita dengan mata yang sama

Ilustrasi mata. Sumber foto: pixabay.com/CC0 Creative Commons.

Satu temuan yang sangat aneh muncul saat mempelajari orang-orang dengan mata coklat muda. Mereka dianggap memiliki lebih banyak masalah kejiwaan daripada orang dengan mata coklat tua atau hitam. Selain itu, laki-laki dalam kelompok ini dianggap kurang stabil (68,47 persen) dibandingkan perempuan.

 

7 dari 7 halaman

6. Orang dengan mata cokelat bekerja dengan baik di bawah tekanan

Ilustrasi Wajah Kotak Credit: pexels.com/pixabay

50,7 persen orang dengan mata cokelat berkinerja baik di bawah tekanan dan tekanan. Mereka juga lebih bersemangat dengan pekerjaan mereka.

Baik mata cokelat maupun hijau dianggap paling menarik bagi pria untuk wanita meskipun ada stereotip tentang mata biru yang lebih dominan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya