Satgas Covid-19: Masker Scuba dan Buff Terlalu Tipis, Tidak Bisa Menyaring Virus

Dia mengatakan, masyarakat dapat menggunakan masker bedah atau masker kain tiga lapis berbahan katun.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Sep 2020, 19:07 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut standar harga PCR saat ini dalam tahap perumusan saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tak menyarankan masyarakat memakai masker jenis scuba atau buff. Menurut dia, masker tersebut terlalu tipis sehingga kurang efektif untuk menangkal virus corona Covid-19.

"Masker scuba atau buff ini adalah masker dengan satu lapis saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, masker scuba juga mudah untuk ditarik ke bawah sampai dagu, sehingga masker menjadi tidak berfungsi. Wiku meminta masyarakat menggunakan masker yang berkulalitas untuk mencegah penularan virus corona.

"Gunakanlah masker dengan cara yang tepat untuk bisa melindungi, menutup area atau hidung sampai dengan mulut dan dagu," ucapnya.

Dia mengatakan, masyarakat dapat menggunakan masker bedah atau masker kain. Wiku mengingatkan agar memakai masker kain dan bedah yang berbahan katun dan berlapis tiga karena memiliki kemampuan baik dalam menyaring virus.

"Masker kain yang bagus adalah yang berbahan katun dan berlapis tiga. Mengapa hal itu penting, karena kemampuan filtrasi atau menyaring partikel virus itu akan lebih baik dengan jumlah lapisan yang lebih banyak," jelas Wiku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Anjuran Tak Pakai Masker Tipis

Calon penumpang KRL Commuterline mengenakan masker saat di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, anjuran untuk tidak menggunakan masker scuba sendiri merupakan hal baru yang diputuskan oleh PT Kereta Commuter Indonesia melalui akun Instagram resminya, @commuterline.

Dari akun tersebut, terlihat unggahan berupa infografis seputar persentase efektivitas beberapa jenis masker. Infografis tersebut menunjukkan bahwa masker scuba dan buff hanya sekitar 0-5% saja.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya