Kaya Lemak, Mengonsumsi 6 Makanan Ini Justru Membantumu Menurunkan Berat Badan

Makanan-makanan ini meski kaya lemak, namun baik bagi tubuh

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 04 Sep 2020, 21:01 WIB
Ilustrasi menurunkan berat badan (Sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Seringkali, makanan yang identik dengan lemak dijauhi oleh seseorang yang tengah berupaya untuk menurunkan berat badan. Padahal, meski telah menjalani diet, tubuh tetap membutuhkan kandungan makanan lain, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Jika Anda tengah berupaya menurunkan berat badan, tak ada salahnya mengganti beberapa makanan berlemak Anda dengan makanan yang memiliki lemak baik. Makanan apa saja? Melansir dari Brightside, ini dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 7 halaman

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun/ Photo by Roberta Sorge on Unsplash

Minyak zaitun mengandung omega-9 yang membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi nafsu makan, mempercepat metabolisme, dan secara menguntungkan memengaruhi perut, kulit, dan rambut.

3 dari 7 halaman

2. Yoghurt

Coba Yoghurt untuk Turunkan Tekanan Darah

Yoghurt memberikan dorongan energi instan. Produk kaya lemak ini mengandung cukup banyak protein, kalsium, dan probiotik, yang menjadikannya salah satu produk terbaik untuk menurunkan berat badan.

4 dari 7 halaman

3. Kacang-kacangan

kacang tanah/copyright: pexels.com/shatta pilabut

Kacang-kacangan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan membantu membuat Anda merasa kenyang (tetapi bukan kacang dengan kandungan gula, garam, madu, atau mentega).

Kacang-kacangan mengandung omega-3, selulosa, antioksidan, dan asam linolenat, yang menekan rasa lapar.

5 dari 7 halaman

4. Telur

Ilustrasi Telur Credit: freepik.com

Telur adalah jenis makanan yang kaya protein, vitamin, antioksidan, dan lemak "baik".

Telur hanya mengandung 85 kkal dan memiliki lemak jenuh yang luar biasa. Telur juga mengandung kolin, yang akan melawan lemak berlebih di tubuh kita.

6 dari 7 halaman

5. Salmon

Salmon makanan pembakar lemak (Photo by David B Townsend on Unsplash)

Salmon memiliki efek jenuh yang cepat dan lama, serta sejumlah besar vitamin A (untuk kecantikan dan kesehatan kulit) dan asam omega (untuk mencegah depresi dan artritis).

7 dari 7 halaman

6. Alpukat

Biji alpukat boleh dimakan tidak ya? (Foto: amazonaws.com)

Alpukat dikenal sebagai jenis buah paling kaya lemak di dunia, yang rasanya terbentuk dengan bantuan lemak ini. Alpukat mengandung asam oleat, yang menurunkan jumlah kolesterol, menstabilkan kadar glukosa dalam darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya