Mengenal Tradisi Melukat yang Dijalani Jessica Iskandar di Bali

Upacara keagamaan ini dijalani Jessica Iskandar setelah mantap memutuskan tinggal di Bali.

oleh Komarudin diperbarui 03 Sep 2020, 20:03 WIB
Jessica Iskandar menjalani upacara keagamaan melukat di Bali. (dok. Instagram @inijedar/https://www.instagram.com/p/CEpvYfNHv8R/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Jessica Iskandar menetap di Bali tampaknya makin serius. Hal ini tampak dalam kesediaannya menjalani melukat.

Dalam akun media sosialnya, perempuan yang kerap disapa Jedar itu tampak melakoni prosesi melukat. Pada potret yang dimaksud, ibu anak satu ini terlihat mengenakan atasan putih-kuning berpadu rok batik.

Di depannya terdapat perempuan mengenakan baju serba putih. Kedua tangannya dirapatkan diletakkan di bagian dada.

"Melukat saat purnama, memohon ijin dan berkat dari Tuhan untuk tinggal di Bali. Semoga berkah dan berkat bagi kita semua, dibersihkan dari segala yang kurang baik dan di dekatkan dengan kebaikan dan kasih sayang. Amin #bali," tulis Jedar sebagai keterangan foto.

Sebelum menjalani tradisi melukat, Jessica Iskandar telah mengumumkan bahwa ia akan menetap di Bali bersama putranya, El Barack Alexander. Bagi Jedar, Bali sangat cocok dengan kepribadiannya dan El.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Makna Melukat

Jessica Iskandar menjalani upacara melukat di Bali. (dok. screenshot Instagram Story @inijedar)

Melukat sendiri berasal dari kata 'lukat' yang bermakna 'melepaskan'.  Dengan demikian, melukat adalah aktivitas untuk melepaskan hal-hal kurang baik yang melekat melalui upacara keagamaan.

Upacara melukat merupakan salah satu usaha membersihkan dan menyucikan diri agar dapat lebih dekat pada Yang Suci, yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa, dilansir dari laman Dharmadana, Kamis (3/9/2020).

Ida Sang Hyang Widhi Wasa adalah Maha Suci yang merupakan sumber kesucian. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya kesucian dalam pribadi manusia untuk dapat mendekatkan diri pada-Nya.

Selain Jessica Iskandar, selebritas lain yang pernah menjalani melukat adalah Cita Citata dan DJ Westny.

Infografis Nyepi di Bali tanpa Internet

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya