Rapor Pemain Setelah Manchester City Singkirkan Real Madrid dari Liga Champions

Manchester City menang 2-1 atas Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Skuat racikan Pep Guardiola ini lolos ke perempat final dengan agregat 4-2.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 08 Agu 2020, 15:56 WIB
Manchester City Depak Real Madrid dari Liga Champions (AP)

Liputan6.com, Manchester - Manchester City lolos ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Real Madrid. Tiket itu didapat usai pasukan Guardiola menang 2-1 atas Los Blancos pada leg kedua babak 16 besar di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Manchester City unggul agregat 4-2 atas Real Madrid. Sebab pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Februari lalu, wakil Inggris ini juga menang dengan skor sama.

Pada leg kedua, Raphael Varane dua kali membuat blunder yang menjadi bencana untuk Real Madrid. Bek asal Prancis itu menghadiahkan dua gol untuk Manchester City yang dicetak Raheem Sterling dan Gabriel Jesus.

Gol Kariem Benzema di pertengahan babak pertama tak cukup menyelamatkan Real Madrid. Pasukan Zinedine Zidane harus angkat koper dari turnamen paling bergengsi di Eropa ini.

Sementara itu, Manchester City bakal pergi ke Lisbon, Portugal, dan menghadapi Olympique Lyon di perempat final.

Berikut rapor pemain Manchester City dan Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

 

 

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Manchester City

Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City menang 2-1 dan melaju ke perempat final unggul agregat 4-2 atas Madrid.(AP Photo/Dave Thompson, Pool)

Ederson - 7/10

Ederson melakukan beberapa penyelamatan untuk menggagalkan upaya Karim Benzema dan Luka Modric di babak pertama. Di babak kedua, kiper asal Brasil tersebut tak terlalu banyak mendapatkan ancaman.

Kyle Walker - 8/10

Walker tampil sensasional dengan mematikan pergerakan Eden Hazard di sayap berkat kecepatan dan kekuatannya. Dia juga menjadi ancaman bagi bek kiri Real Madrid Ferland Mendy setiap melancarkan serangan.

Fernandinho - 7/10

Fernandinho tampak yakin dan tenang seperti rekannya Aymeric Laporte. Ia tidak membuat kesalahan individu yang konyol. Fernandinho tidak melakukannya karena ia membuat segalanya tetap sederhana dan terus menggulirkan bola.

Aymeric Laporte - 7/10

Laporte memulai laga dengan kurang baik setelah Karim Benzema melepaskan tendangan yang masih bisa diselamatkan kiper Ederson. Namun, secara perlahan penampilannya luar biasa dan mengalahkan striker Real Madrid tersebut.

Joao Cancelo - 7/10

Pemain Portugal itu adalah salah satu penyumbang terbaik dan paling konsisten di Manchester City pada dini hari tadi. Secara konsisten dia menekan pertahanan Real Madrid dari sisi kiri, dan bahkan tendangannya harus susah payah ditepis kiper Thibaut Courtois.

Rodri - 6/10

Rodri adalah gelandang Manchester City yang tidak memberi dampak di laga ini. Dia juga beruntung tidak mendapat hukuman karena memberikan bola di area berbahaya pada beberapa kesempatan.

Ilkay Gundogan - 7/10

Gundogan memaikan dua peran di lini tengah Manchester City. Ia tidak membiarkan gelandang Real Madrid Luka Modric mengembangkan permainan. Selain itu, Gundogan juga menekan Casemiro.

Kevin De Bruyne - 9/10

De Bruyne tampil luar biasa di laga ini. Umpan yang tajam, menekan di lini tengah, dan melakukan tembakan ke gawang. Dia memberikan umpan kepada Sterling di awal babak kedua yang seharusnya menjadi gol.

Raheem Sterling - 7/10

Sterling seharusnya mencetak hattrick di laga ini dengan banyaknya peluang yang didapat. Tetapi, dia cuma bisa mencetak satu gol setelah Gabriel Jesus merebut bola dari Raphael Varane dan mengumpan padanya.

Phil Foden - 6/10

Memulai peran di false 9, Foden tampil luar biasa. Ia terhubung dengan cerdik dengan Jesus, Sterling, dan De Bruyne. Namun seiring berjalannya pertandingan, pengaruhnya memudar dan dia digantikan oleh Bernardo Silva.

Gabriel Jesus - 9/10

Penampilan luar biasa lainnya ditunjukkan Gabriel Jesus. Dia memberikan umpan untuk gol Sterling. Ia kemudian mencetak gol kedua City dengan menaklukkan kiper Real Madrid Thibaut Courtois dengan cerdik.

Pemain pengganti Manchester City

Bernardo Silva - 6/10

Silva seharusnya mencetak gol. Tapi, ia terlalu banyak melakukan sentuhan sehingga peluang itu bisa digagalkan.

David Silva - 6/10

Dalam pertandingan terakhirnya di Stadion Etihad, legenda Manchester City itu melepaskan tendangan bebas yang luar biasa. Tapi, tendangan hanya mengenai bagian atas pagar hidup.

Nicolas Otamendi - 5/10

Pemain Argentina itu menggantikan Rodri di masa injury time untuk Manchester City.

 

 

3 dari 3 halaman

Real Madrid

Raphael Varane dalam duel Manchester City kontra Real Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020). (AFP/Peter Powell)

Thibaut Courtois - 7/10

Tidak ada yang bisa Courtois lakukan dengan dua gol Manchester City akibat blunder Raphael Varane. Tapi, dia melakukan beberapa penyelamatan penting sepanjang pertandingan.

Dani Carvajal - 5/10

Dani Carvajal tampil kurang bagus di laga ini. Dia memang melakukan beberapa penyelamatan, seperti tekel terakhir pada De Bruyne di babak kedua.

Raphael Varane - 1/10

Bagi pemain senior seperti Varane, membuat dua kesalahan dalam laga yang menentukan tentu tak bisa dimaafkan. Tidak banyak yang bisa dikatakan untuk Varane.

Eder Militao - 4/10

Entah itu instruksi dari pelatih Zinedine Zidane atau perbuatan mereka sendiri, Eder Militao dan Raphael Varane terlalu banyak memainkan bola di belakang sehingga ditekan Manchester City. Ia mendapat tugas sebagai pengganti Sergio Ramos yang absen karena kartu merah.

Ferland Mendy - 6/10

Dia biasanya bertahan dengan cukup baik, tetapi buruk di lini depan karena gagal memberikan pengaruh pada permainan. Baik Mendy dan Hazard sepenuhnya dikeluarkan dari permainan oleh Walker.

Casemiro - 4/10

Casemiro tampil menjanjikan di awal laga dengan tekel sensasional pada Raheem Sterling. Tapi, setelah itu penampilannya menurun. Ia beruntung dalam setidaknya tiga kesempatan terpisah karena City tidak mencetak gol setelah memberikan umpan yang salah.

Luka Modric - 5/10

Pemain Kroasia itu gagal membuat pengaruh besar dari lini tengah karena terlihat terlalu kaget dan dikuasai oleh Gundogan.

Toni Kroos - 5/10

Memulai dari lini tengah kiri, akan selalu menjadi tugasnya untuk menahan De Bruyne. Dia tidak menahan orang Belgia itu, juga tidak menawarkan apa pun untuk menetralkan ancaman ke arah lain.

Rodrygo - 7/10

Rodrygo jarang menguasai bola. Ketika mendapatkan bola di sayap, dia berlari ke arah Cancelo dan menyebabkan masalah. Umpan silangnya dituntaskan Karim Benzema menjadi gol.

Eden Hazard - 2/10

Hazard tak bisa berbuat banyak untuk melewati adangan Klye Walkeer. Ia tak pernah mencoba untuk memberikan umpan penetrasi di sepertiga akhir.

Kevin Benzema - 7/10

Sekali lagi, Benzema adalah pemain utama Real Madrid dan bahkan di tengah-tengah kekacauan lini belakang. Kemampuan di udara, kekuatan, dan menghubungkan permainan semuanya diperlihatkan Benzema. Sayang, dia tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari orang-orang di sekitarnya.

Pemain Pengganti Real Madrid

Marco Asensio - 5/10

Asensio menggantikan Rodrygo, tetapi memiliki masalah yang sama dengan pemain muda Brasil itu. Ia jarang mendapatkan bola.

Lucas Vazquez - 5/10

Vazquez dimasukkan di sepuluh menit terakhir permainan dan hampir tak memiliki sentuhan bola saat City berusaha untuk mempertahankan penguasaan bola serta mematikan permainan.

Federico Valverde - 5/10

Dia menggantikan Modric di akhir pertandingan.

Luka Jovic - 5/10

Setelah menggantikan Hazard, dia benar-benar tidak memiliki sentuhan bola yang berarti dalam permainan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya