6 Manfaat Lemon untuk Kecantikan, Bantu Cerahkan Kulitmu

Lemon diklaim bisa melakukan keajaiban dalam mengatasi beberapa masalah terkait kecantikan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 28 Jul 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/LisaF

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu manfaat lemon bagi kesehatan. Namun, tahukah kamu bahwa selain manfaatnya bagi kesehatan, lemon juga bisa membantu meningkatkan kecantikanmu?

Buah yang khas dengan aroma dan rasa asam ini dikemas dengan antioksidan dan mengandung beberapa mineral penting dan vitamin lainnya.

Untuk itu, lemon diklaim bisa melakukan keajaiban dalam mengatasi beberapa masalah terkait kecantikan, di antaranya kulit kering, bibir kering, noda hitam dan kulit menggelap.

Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (28/7/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 7 halaman

1. Komedo

ilustrasi jenis-jenis komedo/pexels

Sifat antibakteri yang terkandung dalam lemon membantu dalam menghilangkan komedo sehingga kulit menjadi bersih dan lembut.

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan peras jus lemon, masukkan dalam mangkuk, tambahkan air dan aduk hingga rata.

Kemudian celupkan kapas ke dalam cairan tersebut, dan oleskan di area yang berkomedo. Biarkans selama beberapa menit dan gosok dengan ujung jari.

Ulangi perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

3 dari 7 halaman

2. Menguatkan Kuku

Ilustrasi menggunting kuku/copyright shutterstock

Lemon menjadi solusi yang sangat baik untuk kuku yang rapuh dan lemah. Juga membantu untuk mengobati perubahan warna kuku.

Yang harus kamu lakukan yakni mencampurkan minyak kelapa dan perasan lemon ke dalam mangkuk. Rendam kuku ke dalam campuran ini dan iarkan selama 10 menit. Gunakan cairan ini setidaknya sekali dalam seminggu.

4 dari 7 halaman

3. Pencerah Kulit

Ilustrasi Perawatan Kulit/copyright shutterstock By KaptureHouse

Kandungan vitamin C dan asam sitrat yang terkandung dalam lemon membantu mencerahkan kulit. Ini juga mengandung antioksidan yang membantu meringankan bintik-bintik usia.

Kamu hanya perlu potong lemon menjadi dua bagian. Gosokkan irisan langsung ke seluruh wajahmu. Tunggu 15 menit dan cuci dengan air hangat.

Kamu bisa mencoba cara ini setidaknya dua kali seminggu untuk kulit yang cerah dan bercahaya.

5 dari 7 halaman

4. Memutihkan Gigi

Ilustrasi Tampilan Gigi Putih dan Sehat Credit: pexels.com/DalilaDalprat

Lemon juga diklaim bisa bekerja sebagai agen pemutih gigi yang sangat baik. Campurkan soda kue dan jus lemon hingga menjadi pasta.

Lalu gosok gigi dengan pasta ini. Biarkan pasta bertahan selama beberapa menit. Bilas dengan bersih dan cepat. Pastikan kamu tidak menyimpan pasta dalam waktu yang lama.

6 dari 7 halaman

5. Bibir Merah Muda

Ekstrak jeruk dari lemon membantu menghilangkan cokelat dan membuat bibirmu terlihat lebih cerah. Madu memelihara bibirmu, menjaganya tetap lembut dan lembab.

Yang kamu butuhkan beberapa tetes madu dan 1 sendok teh jus lemon. Campur kedua bahan dengan baik dan oleskan di bibirmu. Biarkan selama 1 jam dan bersihkan dengan kain basah.

7 dari 7 halaman

6. Sunburn

Lemon bisa menjadi solusi untuk kulit yang terbakar matahari dan mengelupas kulit. Campurkan air dan jus lemon dalam jumlah yang sama.

Oleskan campuran ini pada daerah yang terkena dan biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bilas dengan air biasa. Ini akan membantumu dalam menyingkirkan luka bakar matahari dengan mudah dan efektif.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya