Masker Menghalangi Kegiatan Olahraga Anda? Begini Cara Mengatasinya

Cara memilih masker yang tepat untuk berolahraga.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 27 Jul 2020, 19:10 WIB
Orang-orang yang memakai masker berolahraga di sebuah taman di Hong Kong, Rabu (22/7/2020). Hong Kong menghadapi "tahap kritis" dalam perjuangannya melawan COVID-19, dan pemerintah sedang memperpanjang langkah-langkah baru untuk menjaga jarak sosial. (AP Photo/Kin Cheung)

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian masker selama berolahraga mengurangi risiko bahwa kita akan menginfeksi orang lain dengan Virus Corona baru jika kita tanpa sadar membawa penyakit itu. 

Tetapi mengenakan masker juga memengaruhi bagaimana latihan itu memengaruhi kita, menurut para ilmuwan olahraga yang sudah mulai melihat efek menutupi wajah saat berolahraga.

Mengutip Channel News Asia, Senin (27/7/2020), berdasarkan penelitian dan wawasan mereka, beberapa di antaranya berdasarkan eksperimen sendiri, menimbulkan pertanyaan tentang apakah beberapa jenis masker mungkin lebih baik daripada yang lain untuk berolahraga, dan seberapa sering masker harus diganti selama berolahraga.

Hampir semua dari kita tahu sekarang, para organisasi kesehatan dunia telah merekomendasikan agar kita menutupi wajah kita ketika kita berada di ruang publik yang padat, seperti taman atau jalur, dan di lokasi bersama, di dalam ruangan, termasuk pusat kebugaran, untuk membantu memblokir transmisi Virus Corona baru melalui respirasi. 

Rekomendasi ini - yang merupakan persyaratan di beberapa komunitas dan bisnis - menjadi sangat mendesak ketika kita berolahraga, karena penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat pernapasan kita dapat berlipat dua atau bahkan empat kali lipat, mengirimkan jumlah yang lebih tinggi dari tetesan pernapasan yang berpotensi menular.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Efek Pemakaian Masker saat Olahraga

Seorang pria mengenakan masker berolahraga di sebuah taman di Porta Nuova di Milan, Italia (28/2/2020). Pola hidup sehat dengan berolahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit termasuk virus corona yang mewabah di Italia. (AP Photo/Luca Bruno)

Tetapi sementara ada bukti yang berkembang bahwa masker dapat mempengaruhi pernapasan secara umum, sedikit yang belum diketahui secara ilmiah tentang apakah dan bagaimana penutup wajah mengubah pengalaman subyektif dan dampak fisik dari lolahraga.

Sebuah komentar yang diterbitkan bulan ini di situs web British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa menutupi wajah Anda selama berolahraga "dilengkapi dengan masalah pembatasan pernapasan dan ketidaknyamanan yang potensial" dan membutuhkan "keseimbangan manfaat dan kemungkinan efek samping."

Percobaan sejumlah ilmuwan menunjukkan bahwa masker memang dapat mengubah cara seseorang berolahraga, kata Cedric X Bryant, presiden dan kepala sains dari American Council on Exercise, sebuah organisasi nirlaba yang mendanai penelitian olahraga dan sertifikasi profesional kebugaran. 

"Dalam pengalaman pribadi saya," katanya, "detak jantung lebih tinggi pada intensitas relatif yang sama ketika Anda mengenakan masker."

Dengan kata lain, jika Anda tidak mengenakan masker sebelum berlari atau bersepeda dengan kecepatan biasa, detak jantung Anda akan lebih tinggi dari sebelumnya. 

"Anda harus mengantisipasi bahwa itu akan menjadi sekitar delapan hingga 10 denyut lebih tinggi per menit" ketika Anda mengenakan masker daripada saat tidak, kata Bryant. Peningkatan detak jantung yang berlebihan ini akan paling menonjol selama upaya intens, katanya, seperti pengulangan atau interval bukit.

Beberapa orang juga bisa mengalami sakit kepala ringan selama latihan dengan masker, kata Len Kravitz, seorang profesor ilmu olahraga di University of New Mexico. 

Ia sudah melakukan eksperimen informal dengan dua muridnya, keduanya atlet berpengalaman. Seorang berlari mengenakan masker, tanpa kesulitan bernafas, katanya. Yang lain, mengenakan masker kain jenis yang sama, merasa pusing setelah hanya beberapa menit berolahraga.

Syukurlah, ketidaknyamanan semacam itu mungkin dapat diminimalkan dengan pilihan masker yang tepat dan pas, kata Christa Janse van Rensburg, seorang profesor ilmu olahraga di Universitas Pretoria di Afrika Selatan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasinya

Warga mengenakan masker saat jalan-jalan dan berolahraga di taman Vuelta del Castillo, Pamplona, Spanyol, Sabtu (2/5/2020). Pelonggaran lockdown memungkinkan warga Spanyol keluar rumah untuk kali pertama dalam tujuh pekan terakhir. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Hindari penggunaan masker bedah sama sekali selama berolahraga, karena masker seperti itu dengan cepat menjadi basah ketika kita bernafas dengan penuh semangat dan kehilangan beberapa kemampuan semestinya untuk memblokir kuman yang keluar. 

Masker kain katun juga mudah lembab. Masker kain yang terbuat dari bahan tipis dan sintetis harus mengurangi penumpukan kelembaban. Namun, pilih model yang “memiliki dua lapis kain atau kurang,” katanya, untuk menghindari overheating wajah dan lapisan kain yang mungkin membatasi pernapasan.

Rencanakan juga untuk membawa masker pilihan cadangan jika Anda akan berolahraga selama lebih dari 30 menit, kata Bryant. 

Bahkan kain bisa saja menjadi basah kuyup pada saat itu dan harus segera diganti. Cobalah untuk tidak menyentuh bagian depan masker yang digunakan, karena partikel virus yang bersentuhan dengan Anda bisa menumpuk di sana, katanya, dan setelah dilepaskan, bungkus atau buang dengan hati-hati.

Beberapa perusahaan pakaian atletik juga telah mulai membuat masker untuk digunakan selama latihan. Anda mungkin perlu mencobanya dan menemukan model yang paling sesuai dengan wajah dan olahraga Anda, kata Bryant.

Tetapi jangan lengah untuk mengenakan masker jika Anda akan berolahraga di sekitar orang lain, lanjutnya. 

Mengenakan masker bisa sangat penting jika Anda berolahraga di dalam ruangan seperti di gym, di mana sirkulasi udara lebih kecil kemungkinannya untuk menghilangkan virus.

"Saya tahu beberapa orang menganggapnya tidak menyenangkan" saat berlari atau bersepeda "dan ada kontroversi" tentang apakah mereka wajib atau tidak. 

"Tapi saya melihat masker sebagai kesempatan untuk menjadi warga negara yang baik dan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan orang lain," katanya, bahkan ketika Anda meningkatkan kesejahteraan Anda sendiri dengan berolahraga

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya