Peristiwa Langka, Bulan dan 5 Planet Bakal Tampak Bersamaan Pada Minggu Dinihari

Peristiwa langka akan terjadi pada Minggu, 19 Juli 2020. Sebab tepat pada pukul 05.00 WIB bulan dan lima planet akan tampak sekaligus.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 18 Jul 2020, 19:56 WIB
Peristiwa langka akan terjadi pada Minggu, 19 Juli 2020. Sebab tepat pada pukul 05.00 WIB bulan dan lima planet akan tampak sekaligus. (Instagram LAPAN)

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa langka akan terjadi pada Minggu, 19 Juli 2020. Sebab tepat pada pukul 05.00 WIB bulan dan lima planet akan tampak sekaligus.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Bulan, Merkurius, dan Venus akan tampak di arah Timur-Timur Laut. Sedangkan Jupiter dan Saturnus terletak di arah Barat-Barat Daya.

"Mars terletak cukup tinggi di dekat zenit," tulis LAPAN di akun instagramnya, Sabtu (18/7/2020).

Menurut LAPAN, Bulan sedang memasuki fase sabit akhir dan terletak berdekatan dengan Merkurius dengan ketinggian lebih rendah dibandingkan Venus yang berada di ketinggian 30 derajat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Disaksikan Tanpa Alat Bantu

Sedangkan Jupiter dan Saturnus terpisah sejauh 8 derajat yang mana Jupiter terletak di bawah Saturnus.

"Kelima planet ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik. Pastikan cuaca di tempat kalian cerah dan medan pandang di arah Utara-Timur dan Selatan-Barat bebas dari penghalang," tulis LAPAN.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya