Universitas di Nigeria Klaim Temukan Vaksin Virus Corona COVID-19

Dengan modal awal Rp 285 juta, ilmuwan Nigeria berkata sudah temukan vaksin pencegah Virus Corona (COVID-19).

oleh Tommy K. Rony diperbarui 22 Jun 2020, 15:34 WIB
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Liputan6.com, Ede - Kelompok peneliti di Nigeria mengklaim telah menemukan vaksin pencegah Virus Corona (COVID-19). Vaksin ini diperkirakan siap dalam 18 bulan.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Oladipo Kolawole yang menyebut vaksinnya asli. Ia mengungkap hasil penelitian ini ketika berbicara di Universitas Adeleke di Nigeria.

"Vaksinnya nyata. Kita telah memvalidasinya beberapa kali. Targetnya adalah masyarakat Afrika, tetapi juga bisa berfungsi ke ras-ras lain. Ini akan berfungsi. Ini tak bisa dipalsukan. Ini adalah hasil dari tekad. Ini berkat usaha banyak ilmuwan," ujar Dr. Kolawole seperti dikutip Anadolu, Senin (22/6/2020).

Media Leadership dari Nigeria menyebut Dr. Kolawole adalah spesialis penyakit menular, imunologi, dan bioinformatika di Uniersitas Adeleke.

Berbagai media Nigeria juga mengabarkan mengenai vaksin Virus Corona yang ditemukan Dr. Kolawole.

Dr. Kolawole berkata penelitiannya mendapat dana awal sebesar 7,8 juta naira (Rp 285 juta). Dana berasal dari Trinity Immunodeficient Laboratory dan Helix Biogen Consult di Nigeria.

Waktu 18 bulan dibutuhkan karena Dr Kolawole masih membutuhkan banyak analisis dan studi, serta persetujuan otoritas medis.

Profesor Solomon Adebola yang menjadi (plt.) wakil kanselir Universitas Adeleke berkata pihaknya bersemangat bisa memberi solusi ke pandemi Virus Corona.

"Ini adalah passion kami untuk menjadi penyedia solusi kepada pandemi global, dan kami siap untuk membantu tim ini dan membuat vaksinnya kenyataan," ujarnya.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, ada 20.244 kasus Virus Corona di Nigeria. Kasus di Nigeria adalah salah satu yang tertinggi di benua Afrika. 

(100 naira = Rp 3.664)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Proyeksi WHO: 100 Juta Vaksin Corona COVID-19 Akhir 2020, 2 Miliar pada 2021

Ilustraasi foto Liputan 6

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, pada Kamis 18 Juni 2020, mengatakan bahwa beberapa ratus juta dosis vaksin virus corona baru dapat diproduksi pada akhir tahun ini dan ditargetkan pada mereka yang paling rentan terhadap virus.

Badan kesehatan PBB mengatakan sedang mengerjakan asumsi itu, dengan pandangan untuk dua miliar dosis pada akhir 2021, ketika perusahaan farmasi bergegas mencari vaksin virus corona.

Kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan, mengatakan para peneliti sedang mengerjakan lebih dari 200 kandidat vaksin di seluruh dunia, termasuk 10 yang sedang dalam pengujian manusia.

"Jika kami sangat beruntung, akan ada satu atau dua kandidat yang sukses sebelum akhir tahun ini," katanya dalam konferensi pers virtual Kamis 18 Juni, AFP melaporkan seperti dikutip dari Sciencealert.com, Sabtu 20 Juni 2020.

Dia mengidentifikasi tiga kelompok yang paling membutuhkan gelombang pertama dosis vaksin.

Mereka adalah pekerja garis depan dengan paparan tinggi, seperti petugas medis dan polisi; mereka yang paling rentan terhadap penyakit, seperti orang tua dan penderita diabetes; dan orang-orang di lingkungan transmisi tinggi, seperti daerah kumuh perkotaan dan rumah perawatan.

"Anda harus mulai dengan yang paling rentan dan kemudian semakin memvaksinasi lebih banyak orang," kata Swaminathan.

"Kami sedang mengerjakan asumsi bahwa kami mungkin memiliki beberapa ratus juta dosis pada akhir tahun ini, sangat optimis," katanya.

"Kami berharap pada tahun 2021 kami akan memiliki dua miliar dosis satu, dua atau tiga vaksin efektif untuk didistribusikan di seluruh dunia. Tetapi rencana itu 'hanya jika', karena kami belum memiliki vaksin yang terbukti."

"Tetapi karena semua investasi dilakukan untuk ini, katakanlah kita memiliki dua miliar dosis pada akhir tahun 2021 - kita harus dapat memvaksinasi setidaknya populasi prioritas ini."

Eksekutif perusahaan farmasi akhir bulan lalu mengatakan bahwa satu atau beberapa vaksin COVID-19 dapat mulai diluncurkan sebelum 2021, tetapi memperingatkan bahwa perkiraan total 15 miliar dosis akan diperlukan untuk menekan virus.

Swaminathan mengatakan para ilmuwan sedang menganalisis 40.000 sekuens virus corona baru dan sementara semua virus bermutasi, yang ini sejauh ini kurang dari influenza, dan belum bermutasi di bidang utama yang akan mengubah tingkat keparahan penyakit atau respons kekebalan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya