Jangan Dibuang, Manfaatkan Kulit Jeruk untuk 4 Hal Berikut Ini

Berikut deretan manfaat kulit jeruk yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

oleh Camelia diperbarui 20 Jun 2020, 10:00 WIB
Sumber: media.mnn.com

Liputan6.com, Jakarta Jeruk merupakan salah satu buah yang kerap dikonsumsi banyak orang. Selain memiliki rasa yang segar, jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin.

Biasanya usai makan buah jeruk, tentu tak sedikit dari kalian yang langsung membuang kulitnya ya. Mulai sekarang nampaknya kalian harus menghentikan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, ada banyak manfaat kulit jeruk yang mungkin saja belum kalian ketahui sebelumnya. Berikut deretan manfaat kulit jeruk yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

Mencerahkan kulit

ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Ana Francisconi from Pexels

Tak hanya buahnya, kulit jeruk juga mengandung minyak alami yang diperkaya oleh vitamin C. Kulit jeruk bahkan mengandung 136 mg vitamin C, berbeda jauh dengan buahnya yang hanya mengandung 71 mg vitamin C.

Oleh karena itu, kalian bisa coba mencampurkan kulit jeruk ke masker atau scrub yang biasa kalian gunakan. Ini akan membantu menjadikan kulit cerah dan bebas kusam. Tak cukup sampai di situ, kulit jeruk juga mengandung lactic acids yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati.

3 dari 5 halaman

Menjaga kulit awet muda

©Ultima II

Rupanya selain vitamin C, kulit jeruk kaya akan vitamin A dan vitamin B yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap awet muda. Selain itu kulit jeruk juga mengandung zat besi yang berkhasiat untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet.

4 dari 5 halaman

Atasi kulit berminyak

Ilustrasi wajah bercahaya alami. (via: istimewa)

Nah, jika kalian memiliki masalah kulit berminyak, jangan khawatir. Pasalnya, kalian bisa mengatasinya dengan kulit jeruk. Caranya cukup rendam kulit jeruk di air hangat, lalu gunakan sebagai face mist pengontrol minyak.

5 dari 5 halaman

Hilangkan komedo

Ilustrasi komedo pada hidung. (Sumber foto: Boldsky.com)

Lactic acid yang dikandung pada kulit jeruk tak hanya efektif mengangkat sel kulit mati tapi juga bisa mengatasi komedo pada wajah. Maka itu kalian bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo pada hidung.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya