Korban Banjir Ambon Mulai Terserang Penyakit

Penyakit yang menyerang warga antara lain gatal-gatal, flu, serta diare. Tumpukan sampah yang berserakan di permukiman berpotensi menimbulkan penyakit.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Agu 2012, 11:47 WIB
Liputan6.com, Ambon: Korban banjir di Ambon, Maluku, mulai terserang berbagai penyakit. Hal tersebut dapat terlihat jelas di posko kesehatan sejumlah wilayah yang tertimpa banjir seperti di Batu Merah yang sibuk mengobati korban banjir yang terserang berbagai penyakit. Warga datang dengan keluhan gatal-gatal, flu, serta diare.

Tumpukan sampah yang berserakan di permukiman berpotensi menimbulkan penyakit. Warga kewalahan membersihkan sampah-sampah sisa banjir. Aparat TNI pun diterjunkan membantu warga menyingkirkan sampah dan lapisan lumpur. Kondisi serupa dialami korban banjir di sejumlah kawasan lain di Ambon yang diterjang banjir dan tanah longsor.

Sementara itu pemda berniat mengeruk sungai di kawasan Batu Merah. Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff yang mengunjungi korban banjir menyebut pengerukan dilakukan guna mencegah musibah serupa akibat pendangkalan. Selain itu, pemda akan mendata rumah-rumah yang rusak. Selain Ambon, banjir juga terjadi di Seram Bagian Barat.(JUM)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya