Ini 3 Cara Agar Anak Suka Makan Buah

Kandungan nutrisi pada buah dapat berperan penting untuk tumbuh kembang si kecil, karena buah memiliki sedikit kalori dibanding makanan yang diproses dan siap saji.

oleh Liputan6.com pada 05 Sep 2019, 11:00 WIB
Kandungan nutrisi pada buah dapat berperan penting untuk tumbuh kembang si kecil, karena buah memiliki sedikit kalori dibanding makanan yang diproses dan siap saji.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk anak-anak. Pasalnya, kandungan nutrisi pada buah dapat berperan penting untuk tumbuh kembangnya, karena buah memiliki sedikit kalori dibanding makanan yang diproses dan siap saji.

Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, buah-buahan dapat membantu menghindari si kecil dari masalah pencernaan. Hal itu dikarenakan, buah memiliki vitamin dan kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan dan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit.

Namun, dengan segudang manfaat yang diberikan oleh buah, masih banyak anak Indonesia yang kurang peduli akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan.

Nah, untuk menyiasatinya, berikut beberapa tips agar anak menyukai buah dan mau mengonsumsinya.

Selalu beli buah

Kenalkan buah sejak dini bagi si kecil. Caranya, kamu taruh buah ditempat dimana anak bisa melihatnya. Jangan taruh buah di lemari es atau kamu menyimpannya. Bisa dibilang hal itu tidak akan membuat si kecil kenal dengan buah dan ingin memakannya.

Lebih baik taruh buah di atas meja makan. Jadi, setiap anak makan, mereka akan melihat buah itu dan akan membuatnya terpikirkan untuk mengonsumsinya.

Variasi asupan pada anak

Membuat anak suka dengan buah, sebagai orangtua harus cerdas menyiasati agar mereka mau makan buah. Setelah si anak makan, berikan mereka buah, buah mangga misalnya. Kamu juga bisa membuat variasi makanan dari bahan buah segar agar anak tidak bosan.

Edukasi anak

Tak hanya mengenalkan buah-buahan di rumah. Ajak si kecil untuk ikut ke pasar swalayan agar mereka bisa melihat secara langsung berbagai jenis buah-buahan.

Untuk itu, dalam memperingati hari ulang tahun ke-22, Super Indo Supermarket mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Bertajuk “Gerakan Makan Sehat, Ayo Makan Buah” Super Indo mengajak 22 ribu anak dari beberapa sekolah di setiap gerai Super Indo untuk belajar dan makan buah bersama.

General Manager Operation PT. Lion Super Indo, Joko Susanto mengatakan gerakan ini merupakan wujud komitmen serta dukungan untuk pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

General Manager Operation PT. Lion Super Indo, Joko Susanto mengatakan gerakan ini merupakan wujud komitmen serta dukungan untuk pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Tak hanya itu, kegiatan itu juga akan mengedukasi masyarakat terutama anak-anak guna menjalankan pola hidup sehat.

“Dalam gerakan ini, anak-anak dipilih untuk ikut serta karena kami melihat pola konsumsi buah pada anak-annak masih rendah. Padahal, buah sangat bermanfaat,” imbuh Joko Susanto dalam acara Gerakan Makan Sehat, Ayo Makan Buah” di Super Indo, Duren Tiga, Rabu (28/8/2019) Jakarta.

Sementara itu, Wakil Ketua Perhimpuan Dokter Spesial Gizi Klinik Indonesia cabang Banten, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi SpGK mengatakan menjadi tanggung jawab semua pihak untuk mengedukasi anak- anak atas pentingnya mengonsumsi buah-buahan.

Tak hanya mengenalkan buah-buahan di rumah. Ajak si kecil untuk ikut ke pasar swalayan agar mereka bisa melihat secara langsung berbagai jenis buah-buahan.

“Buah-buahan merupakan sumber vitamin, gizi, dan serat pangan. Maka dari itu, tentu buah menjadi menu wajib dan bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang,” tutur dr Juwalita Surapsari, M.Gizi SpGK.

Mengenai manfaat buah, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi SpGK melanjutkan buah juga bermanfaat bagi kamu yang susah untuk buang air besar. Dengan mengandung serat pada buah, hal itu akan memperlancar buang air besar.

Nah, ayo mulai dari sekarang konsumsi buah untuk dapatkan kesehatan!

 

(Adv)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya