Struktur DPP PDIP 2019-2024 Rampung, Diumumkan Hari Ini

Susunan struktur DPP PDIP itu disebutkan sudah ada di tangan Hasto Kristiyanto, sekretaris jenderal demisioner.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Agu 2019, 06:06 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersiap memberikan pidato saat mengahadiri pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019). Kongres V PDIP berlangsung selama tiga hari sejak 8 hingga 10 Agustus mendatang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah merampungkan susunan struktur DPP periode 2019-2024. Keputusan sudah diambil dalam sidang paripurna Kongres V PDI Perjuangan, Jumat (9/8/2019).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi Tata Kelola Partai Kongres, Abdullah Azwar Anas. Bupati Banyuwangi itu menyebut susunan struktur itu ada di tangan Hasto Kristiyanto, sekretaris jenderal demisioner.

"Sudah, di sekjen," ucapnya singkat usai sidang paripurna.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri tetap ditetapkan sebagai ketua umum. Kongres memberikan mandat formatur tunggal untuk menyusun struktur DPP.

Pengurus DPP akan dilantik dan ambil sumpah jabatan oleh ketua umum dalam hari terakhir Kongres pada Sabtu (10/8).

"Jadi besok (hari ini) tentu Ibu Ketum (PDIP) sesuai mandat kongres sudah selesai menyusun sturktur dan personalia DPP partai untuk periode lima tahun ke depan," ujar Ketua Pelaksana Kongres V PDIP Wayan Koster, Jumat (9/8/2019).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sahkan 5 Komisi

Presiden Joko Widodo (dua kiri) bersama Wapres Jusuf Kalla (kiri), Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (tengah), Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan), dan wapres terpilih Ma'ruf Amin (dua kanan) duduk bersama saat menghadiri Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sidang paripurna sudah mengesahkan keputusan lima komisi. Komisi satu terkait ideologi dan Trisakti Bung Karno dijadikan pedoman dalam program lima tahun ke depan. Komisi dua mengesahkan kebijakan politik, legislasi anggaran dan pengawasan. Komisi ketiga tentang kebudayaan.

Komisi keempat terkait pemenangan elektoral dalam Pilkada 2020 dan Pemilu 2024. Komisi lima mengenai tata kelola partai.

Selain itu telah diputuskan penajaman program partai. PDIP memutuskan mengembangkan dana abadi partai diatur oleh ketua umum bersama pengurus DPP.

Kongres juga menyempurnakan AD/ART. Diputuskan untuk disinkronkan dengan pengurus DPP terpilih. Serta, sikap politik partai akan diumumkan ke ketua umum dan DPP.

Kongres menyisakan satu agenda paripurna yaitu penyerahan keputusan Kongres V dan palu pimpinan kongres ke ketua umum terpilih, Megawati Soekarnoputri.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya