Datsun Cross Mulai Menunjukkan Tajinya

Namun, anak perusahaan Nissan ini masih memiliki 1 senjata lagi yang beredar di segmen city car non-LCGC, Datsun Cross. Dengan penampilan layaknya crossover atau SUV compact, mobil itu ternyata ramai peminat.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jul 2019, 14:00 WIB
Datsun Cross dipersenjatai dengan CVT. (Hafid/Otosia.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pamor Datsun di segmen LCGC memang tertutup oleh bayang-bayang kompetitornya. Di kelas LCGC, Datsun memiliki  GO Panca dan GO+ Panca.

Namun, anak perusahaan Nissan ini masih memiliki 1 senjata lagi yang beredar di segmen city car non-LCGC, Datsun Cross. Dengan penampilan layaknya crossover atau SUV compact, mobil itu ternyata ramai peminat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angka penjualan Datsun Cross secara wholesale (dari pabrik ke dealer) pada semester pertama 2019 menunjukkan tren positif.

Sempat hanya terdistribusi sebanyak 60 unit di periode Januari, angka penjualan Datsun Cross sekarang melonjak dan mencapai 535 unit pada Juni kemarin. Jumlah tersebut sekaligus menjadi capaian tertinggi untuk sementara ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Datsun Cross, Mirip Versi Konsep atau Go+?

Wajah Datsun Cross dan Datsun Go Cross Concept

Datsun Cross secara resmi melakukan penampilan perdananya di Indonesia kemarin (19/1/2018). Seperti saudaranya, Datsun Cross disemati mesin 1,2 liter dengan torsi puncak 104 Nm. Tenaga dari mesin yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) diklaim lebih halus dan efisien.

 

 
 

 

Memang transmisinya benar-benar baru. Namun, dari segi desain, apakah berbeda dengan Datsun yang lain?

Berdasarkan foto yang di atas, wajah Cross memiliki kesamaan dengan versi konsepnya. Meskipun headlamp-nya tidak setajam versi konsepnya, perlu diakui wajahnya meninggalkan kesan Go+. Terutama penempatan foglampnya.

Desain lainnya yang familiar dengan versi konsepnya adalah paduan warna hitam dan perak pada bagian bumper. Nuansa tersebut berlanjut ke bagian samping serta over fender. Spion yang digunakan oleh Cross tidak setajam versi konsepnya. 

Pada bagian pelek, meskipun tidak seagresif versi konsepnya. Pelek 15 inci pada Cross masih cukup pantas untuk crossover yang satu ini.

Baca selengkapnya di sini.

 
 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya