Mahasiswa Mercubuana Gelar Festival Budaya dan Kuliner Nusantara

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan betapa kayanya budaya yang dimiliki Indonesia.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 13 Jul 2019, 18:00 WIB
Mahasiswa Mercubuana Gelar Festival Budaya dan Kuliner Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka melestarikan budaya Indonesia, Mahasiswa Universitas Mercubuana Kampus Jatisampurna Bekasi, menyelenggarakan Festival Budaya dan Kuliner Nusantara yang berlangsung di Rumah Literasi Universitas Mercubuana Kampus Jatisampurna, Bekasi, Sabtu (6/7/2019).

Dengan tema “Bingkai Kebhinekaan Budaya Indonesia,” acara ini bertujuan untuk mengingatkan betapa kayanya budaya yang dimiliki Indonesia dan menginspirasi warga sekitar serta generasi muda untuk melestarikan kekayaan budaya nusantara.

Berbagai kegiatan pun digelar, di antaranya seminar kebudayaan yang diisi oleh Drs. Yusuf Sugito, MM selaku Budayawan dan seminar kuliner serta demo masak beberapa masakan khas Nusantara yang diisi oleh Rudy Takarianta selaku Executive Chef JS Luwansa Hotel.

Selain itu, ada pula bazar makanan Nusantara dan door prize di penghujung acara. Salah satu budaya yang dibahas pada seminar tersebut adalah Kebudayaan Betawi.

“Untuk mempertahankan eksistensi kebudayaan Betawi, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan caramengunjungi pusat perkampungan budaya Betawi ataupun pusat pelatihan seni budaya,” kata Yusuf salah satu narasumber di pagelaran ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Melestarikan Budaya Indonesia

Mahasiswa Mercubuana Gelar Festival Budaya dan Kuliner Nusantara.

Menurut Dr. Santa Lorita Simamora selaku dosen mata kuliah Pengelolaan Program Public Relations “Festival kuliner dan budaya menjadi salah satu upaya mahasiswa jurusan public relations berkontribusi dalam melestarikan budaya Indonesia. Selain itu lebih membuka kesadaran masyarakat khususnya ibu-ibu untuk mengenal keanekaragaman budaya Indonesia sehingga diharapkan dapat mentransfer kesadaran tersebut kepada putra-putrinya sebagai generasi penerusbangsa Indonesia.”

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan informasi, edukasi dan semangat kepada mahasiswa serta ibu-ibu di sekitar Universitas Mercubuana Kampus Jatisampurna Bekasi untuk melestarikan budaya Indonesia, khususnya mengenai ragam kuliner yang dimiliki nusantara.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya