3 Kesalahan Orangtua Ketika Mendidik Anak

Menjadi orangtua bukan hal mudah. Ada kewajiban dan tanggung jawab di dalamnya, terutama dalam hal mendidik anak.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jul 2019, 08:00 WIB
Bagaimana orangtua harus merespons saat anak berbuat salah? (Ilustrasi/iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua bukan hal mudah. Ada kewajiban dan tanggung jawab di dalamnya, terutama dalam hal mendidik anak.

Setiap orangtua tentunya akan berusaha maksimal dalam mendidik anak-anaknya. Namun, orangtua pun manusia yang bisa berbuat kesalahan dalam keseharian maupun saat mendidik anak.

Dalam artikel Psychology Today yang berjudul “ Three Common Mistakes in Parenting” yang ditulis oleh Thomas Lickona, Ph.D, menunjukan bahwa mendidik anak tak bisa luput dari keliru. Namun, terkadang kekeliruan ini tidak disadari para orang tua, bahkan ada yang menyangka kesalahannya.

Hal yang perlu diingat dalam mendidik anak adalah, orangtua juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Jangan terlalu egois untuk meyakinkan diri bahwa cara mendidik anak yang sudah dilakukan benar adanya.

Berikut tiga kesalahan dalam cara mendidik anak yang dilansir dari Psychology Today.

Memanjakan Anak

Dalam sebuah polling yang diadakan oleh CNN, dua per tiga orang tua di Amerika mengatakan kalau mereka telah memanjakan anaknya. Ketika di rumah, tugas seorang anak adalah menerima dan orang tua memberi, konsep mendidik yang demikian tanpa disadari akan membuat anak menjadi manja dan egois.

Orang tua terkadang memberikan semua apa yang diinginkan oleh anak sebagai bentuk kasih sayangnya. Namun, dalam cara mendidik anak yang baik, memberikan porsi anak tanggung jawab dan tugas rumah tangga akan membuat tumbuh kembang anak jauh lebih baik, dibandingkan memanjakan.

Memberikan penjelasan pada anak tentang sebuah tanggung jawab, mengajarkan untuk memisahkan antara keperluan pribadi dan keperluan keluarga sejak dini, dirasa mampu mendidik anak tentang kemurahan hati, rasa tanggung jawab, dan juga menumbuhkan kemandirian.

 

2 dari 4 halaman

Berusaha Menjadi Teman yang Baik bagi Anak

Banyak orang tua yang ingin menjadi keren di mata anak mereka, dan ingin berteman akrab. Namun, cara mendidik anak yang seperti ini akan membuat orang tua kesulitan untuk menolak keinginan anak, dan justru membuat anak mendapat celah untuk menjadi egois.

Sebaliknya, orangtua yang memiliki otoritas penuh, akan lebih dihormati dan dipatuhi. Menurut Thomas Lickona, ada tiga gaya orang tua dalam mendidik anak:

- Orang tua yang otoriter, di mana orang tua berada dalam kekuasaan penuh dalam mengatur anak.

- Orang tua yang permisif, di mana orang tua memberi banyak kasih sayang dan memanjakan anak, sehingga anak cenderung lebih berkuasa atas keinginannya.

- Orang tua yang otoritatif, cara mendidik anak dengan gaya ini menggabungkan kedua gaya sebelumnya. Memberikan anak aturan, namun juga memberi kasih sayang yang banyak.

Cara mendidik anak yang ketiga inilah yang sebaiknya diterapkan untuk mendidik anak. Karena dengan otoritatif, orang tua akan tetap bersikap hangat, mau mendengarkan anak, namun masih bisa dihormati oleh anak.

3 dari 4 halaman

Gagal Menciptakan Budaya Keluarga yang Baik

Budaya membentuk karakter. Ungkapan tersebut memang benar adanya, sudah banyak bukti yang menunjukan bahwa anak yang besar dari keluarga yang memiliki budaya yang baik, akan melahirkan anak yang baik pula.

Perkembangan zaman dan terpaan media saat ini, memiliki pengaruh besar dalam menciptakan karakter anak. Sehingga menciptakan budaya keluarga yang sehat dan baik, berperan penting dalam keberhasilan mendidik anak.

Kesalahan mendidik anak dalam membangun budaya keluarga adalah membiarkan anak mengenal dunia tanpa batasan dan pengawasan. Semakin berkembangnya zaman, kadang membuat orang tua terlena dan lengah mengawasi anak-anak dalam menggunakan media.

Hal inilah yang harus diperhatikan dalam mendidik anak. Orang tua harus pandai mengajarkan anak tentang budaya keluarga, akan nilai baik dan buruk, salah dan benar. Sehingga anak akan mampu membedakan apa yang mereka lihat dan alami dengan baik.

4 dari 4 halaman

Tips Atasi Kesalahan Mendidik Anak

Cara Mengatasi Kesalahan dalam Mendidik Anak 

Tiga kesalahan cara mendidik anak di atas, terkadang tidak disadari oleh orang tua. Padahal, kesalahan-kesalahan yang tidak disadari ini akan membentuk karakter dan pribadi anak di masa mendatang.

Masih dalam artikel “Three Common Mistakes in Parenting”, Thomas Lickona memberi tips untuk mengatasi kesalahan dalam cara mendidik anak.

Simak Tipsnya

- Komunikasi yang baikTak perlu menjadi teman yang akrab untuk menjadi komunikasi yang baik dengan anak. Tetap menjadi orang tua adalah kunci mendidik anak sesuai dengan porsi masing-masing.

- Membuat peraturan tegas tentang penggunaan media pada anakBaik televisi, komputer, hingga HP, semua harus memiliki aturan screen time atau batasan waktu.

- Menghidupkan keluargaBisa dengan kegiatan rumahan bersama, seperti makan bersama, beribadah bersama, dan liburan bersama. 

 

Penulis: Siwi Nur Wakhidah/Dream.co.id

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya