Fotografi, Hobi yang Menyenangkan Jiwa Ani Yudhoyono

Awal mula Ani Yudhoyono menyukai fotografi.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 01 Jun 2019, 08:00 WIB
Ibu Ani Yudhoyono asyik mengabadikan patung Perdamaian Dunia dengan kameranya), Bogor, Selasa (18/8/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Kesukaan Ani Yudhoyono di bidang fotografi rasa-rasanya sudah diketahui banyak orang. Sejak masih menjabat sebagai Ibu Negara Republik Indonesia, Ani kerap menenteng tripod beserta kamera bersama lensa yang panjang.

Ani bahkan masih sempat mengabadikan kondisi di sekitar National University Hospital, Singapura, tempatnya dirawat karena kanker darah beberapa waktu lalu.

Satu hal yang mungkin banyak orang tidak tahu, fotografi yang Ani Yudhoyono jalani di awal-awal bukan sekadar hobi. Melainkan sebuah pelepasan tekanan dan penyegaran pikiran saat dirinya mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Presiden ke-6 Republik Indonesia.

"Ada titik di mana saya sangat membutuhkan pelepasan rasa. Membebaskan tekanan dan menyegarakan pikiran," kata Ani dalam buku Ani Yudhoyono, 10 Tahun Perjalanan Hati dikutip Health Liputan6.com pada Sabtu, 1 Juni 2019.

Dari buku karya Alberthiene Endah tersebut diketahui bahwa momen Ani kembali menikmati dunia fotografi muncul ketika melihat fotografer pribadinya, Anung Anindito, memotret.

Saat itu, Ani Yudhoyono merasa bidikan kamera punya kemampuan hebat dalam  menghasilkan foto-foto indah yang sangat berarti.

 

Di dalam ruang acara, Ibu Ani Yudhoyono terlihat sibuk dengan kameranya, Balai Sarbini, Jakarta, Senin (11/8/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Flora, seperti bunga,  menjadi objek awal Ani menekuni hobi memotret. Kesempatannya memotret dilakukan saat berjalan-jalan atau sedang pergi bersama SBY.

"Lama-lama, saat memotret bunga kok ada sedikit fauna, seperti semut. Kok menarik juga ini. Akhirnya saya hunting binatang-binatang lain ke Taman Safari mencari objek fauna," kata Ani saat diwawancarai Retno Pinasti dalam tayangan Sisi Lain yang diputar di Liputan6 Petang SCTV beberapa tahun lalu.

Selain objek flora dan fauna, Ani juga kerap mengabadikan momen-momen penting atau lucu. Mengenai hal yang berkesan, Ani mengaku ada banyak. Salah satunya ketika pergi ke India ia berkesempatan menghadiri upacara di sana. Ia sempat memotret pasukan yang naik onta.

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 2 halaman

Sejak Kecil Sudah Berkenalan dengan Kamera

Potret cantiknya masa muda Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Perkenalan Ani dengan dunia fotografi sebenarnya bukan sejak menjadi Ibu Negara. Saat ia kecil, ayahnya, Sarwo Edhie Wibowo juga gemar memotret. Beberapa kali Ani sempat mencoba membidik gambar menggunakan kamera ayahnya.

"Saya rasakan keasikan memotret. Ada perasaan yang sulit dilukiskan ketika kita mampu menghasilkan foto yang bagus di dalam detik kita menekan tombol," kata Ani dalam buku Ani Yudhoyono, 10 Tahun Perjalanan Hati.

Perkenalannya dengan kamera makin intens ketika orangtuanya memberi kado pernikahan berupa kamera.

"Sejak saat itulah saya suka dengan memotret, tapi paling memotret sebatas untuk keluarga, anak," kata Ani saat diwawancarai Retno.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya