3 Pola Makan Saat Puasa yang Justru Bikin Tubuh Gemuk

Saat puasa tubuh Anda justru bisa tambah gemuk karena tiga pola makan yang kurang tepat.

oleh Henry Hens diperbarui 20 Mei 2019, 06:02 WIB
Ilustrasi pola makan di bulan puasa. (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah kebiasaan yang harus kita ubah saat berpuasa di bulan Ramdan. Saat puasa, pola makan kita yang umumnya tiga kali dalam sehari, tentunya harus berubah.

Kita biasanya jadi hanya dua kali makan dalam sehari yaitu saat sahur dan berbuka. Lalu, kenapa banyak yang mengeluhkan berat badan yang malah melambung?

Padahal seharusnya malah turun karena waktu makan sudah berkurang.Sepertinya ini karena pola makan yang salah. Kenaikan berat badan saat puasa memang dipengaruhi oleh faktor pola makan kita.

Dilansir dari Fimela, 18 Mei 2019, berikut ini tiga pola makan yang harus dihindari kalau Anda tak mau tambah gemuk.

Kebiasaan pertama adalah melewatkan sahur. Saat sahur adalah waktu untuk mencukupi energi untuk seharian beraktivitas. Saat buka akan banyak dorongan untuk makan terlalu banyak karena kelaparan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Porsi Jangan Berlebihan

Atur Makanan Selama Berbuka Puasa ataupun Sahur. (Ilustrasi: iStockphoto)

Kebisaan kedua yang harus dihindari adalah makan makanan manis saat berbuka. Makanan manis diperlukan saat awal berbuka puasa untuk metabolisme dasar tubuh, tapi sebaiknya porsinya jangan berlebihan.

Kebiasaan ketiga, saat berbuka puasa jangan langsung makan makanan berat. Saat buka isi dengan makanan yang ringan lebih dulu untuk mengisi volume lambung.

Agar tak kaget sebaiknya awal berbuka dengan air putih dan dilanjutkan dengan makanan-makanan yang ringan. Semoga tips ini bermanfaat dan tubuh Anda tetap terjaga beratnya selama Ramadan.  (Ivana Okta/Fimela.com)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya