Sukses Latih Tim Muda Real Madrid, Alonso Bisa Naik Pangkat

Alonso menjalani musim mengesankan bersama tim akademi Real Madrid U-13.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 31 Mar 2019, 19:10 WIB
Mantan pemain Bayern Munchen, Xabi Alonso, mengaku belum sepenuhnya siap untuk menerima tawaran sebagai pelatih Real Sociedad. (AFP/Fabrice Coffrini)

Liputan6.com, Jakarta Mantan gelandang bertahan Real Madrid, Xabi Alonso, menerima banyak pujian dari media Spanyol. Apresiasi diberikan atas pekerjaannya sebagai pelatih tim junior Real Madrid Infantil A di musim pertamanya.

Tim Infantil A Real Madrid yang dipimpin Alonso menyelesaikan musim dengan 22 kemenangan dan hanya sekali imbang. “Ini musim pertama saya [pelatih] dan sangat positif,” kata Xabi setelah pertandingan terakhir.

Dibantu asisten pelatih Sebastian Parrilla, Alonso kemungkinan bisa naik pangkat tangga kepelatihan. Alonso sudah menyatakan pensiun sebagai pemain setelah terakhir memperkuat Bayern Muenchen.

Seperti diketahui, beberapa mantan pemain Real Madrid pernah melatih di akademi sebelum mencapai level senior. Dan, yang paling sukses di antara mereka semua adalah manajer tim utama saat ini Zinedine Zidane.

2 dari 3 halaman

Pelatih Berbakat

Zinedine Zidane memberi keterangan terkait penunjukannya sebagai pelatih Real Madrid saat konferensi pers di Madrid, Spanyol, Senin (11/3). Zidane kembali melatih Real Madrid menggantikan Santiago Solari. (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Zizou, panggilan akrab Zidane, pernah membantu tim Castilla selama beberapa tahun sebelum dipromosikan menjadi asisten pelatih oleh Carlo Ancelotti.

Harapan para penggemar dan manajemen Real Madrid memang ingin mengembangkan para pemain dan pelatih berbakat. Alonso dapat segera mulai melihat perbandingan antara jalurnya menuju pelatihan dan Zidane, meski situasinya sangat berbeda.

3 dari 3 halaman

Legenda

Alonso dianggap sebagai legenda di negara asalnya Spanyol. Ia pernah bermain di Inggris bersama Liverpool, dan di Jerman setelah bermain dengan Bayern Muenchen selama empat musim.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya