Xiaomi Ungkap Fitur yang Akan Hadir di MIUI 10 dan 11

Xiaomi mengungkap sejumlah fitur yang akan hadir di MIUI 10 dan MIUI 11.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 08 Mar 2019, 09:30 WIB
Smartphone Xiaomi Mi 9 ditampilkan dalam pameran saat peluncuran di Beijing, China, Rabu (20/2). Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone premium terbarunya, yakni Mi 9. (AP Photo/Andy Wong)

Liputan6.com, Jakarta - MIUI tak dimungkiri telah menjadi salah satu produk unggulan dari Xiaomi.

Karenanya, perusahaan asal Tiongkok itu terus menghadirkan sejumlah fitur baru untuk tampilan antamuka tersebut.

Terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (8/3/2019), Xiaomi kembali mengungkap sejumlah fitur baru yang siap hadir di tampilan antarmuka tersebut. Fitur ini nantinya akan hadir di MIUI 10 dan MIUI 11.

Salah satu fitur yang disebut akan hadir kali ini adalah Dark Mode. Fitur ini sendiri pertama kali hadir di Mi 9 dan akan segera menyambangi seluruh perangkat MIUI 10.

Selain itu, Xiaomi juga berencana untuk menghadirkan sistem face unlock dan fingerprint unlock bekerja secara bersama-sama. Sebagai tambahan, perusahaan juga akan menambah sound effect baru.

Nantinya, pengguna juga dapat menyalakan smartphone dengan perintah berbasis suara. Seluruh fitur tersebut, menurut Xiaomi, tengah dalam tahap pengembangan.

Tidak hanya fitur, Xiaomi juga sudah mempersiapkan sejumlah fitur baru yang akan masuk tahap pengembangan, seperti Child Mode, recycle bin untuk foto, dan proses penghapusan otomatis file APK setelah berhasil dipasang.

Mengingat seluruh fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan, belum dapat dipastikan kapan Xiaomi akan merilisnya ke publik. Kendati demikian, menarik untuk menunggu fitur-fitur ini benar-benar hadir di MIUI

2 dari 2 halaman

Xiaomi Mulai Kembangkan MIUI 11

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Tak butuh waktu lama setelah menggulirkan pembaruan MIUI 10, Xiaomi sudah mulai beranjak untuk mengembangkan penerusnya.

Oleh sebab itu, perusahaan asal Tiongkok itu baru saja meluncurkan program pengembangan MIUI 11.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (14/1/2019), Xiaomi menyebut bahwa antarmuka ini akan tampil baru dan unik.

Menurut Head of Product Planning Departement Xiaomi Liu Ming, MIUI akan menawarkan yang berbeda dari pendahulunya dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan persentasi Ming, MIUI 11 akan menawarkan performa yang jauh lebih cepat dari MIUI. Sementara itu dari sisi kecerdasan buatan, antarmuka ini juga dibekali dengan fitur yang lebih baik dari saat ini.

Sayang, belum ada informasi yang dapat diungkap seputar fitur atau kemampuan spesifik dari MIUI 11.

Kendati demikian, peluncuran ini menandakan bahwa MIUI 11 akan memasuki tahap pengembangan.

Jika menilik versi sebelumnya, MIUI 11 versi beta kemungkinan akan meluncur pada pertengahan tahun ini. Alasannya, MIUI 10 yang diperkenalkan awal tahun lalu, sudah dapat dijajal oleh pengguna secara terbatas pada Mei 2018. 

Sejak MIUI 10 pula, Xiaomi mulai fokus membenamkan fitur kecerdasan buatan dan machine learning. Sebelumnya, MIUI 9 lebih berfokus menghadirkan pengalaman yang stabil, mulus, dan baterai yang lebih baik.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya