Timses: Puji Ratna Sarumpaet, Jokowi Tunjukkan Etika Berpolitik

Timses menegaskan pujian yang dilontarkan Jokowi kepada Ratna bukan untuk mencari keuntungan politik.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Feb 2019, 14:30 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyalami pendukungnya usai menghadiri Deklarasi Alumni UI untuk Jokowi-Amin di Plaza Tenggara GBK, Jakarta, Sabtu (12/1). Deklarasi dihadiri perwakilan alumni dari berbagai kampus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, TB Ace Hasan Syadzily menampik jika pujian yang dilontarkan capres petahana Joko Widodo kepada tersangka hoaks Ratna Sarumpaet untuk mencari keuntungan politik.

Menurutnya, Jokowi hanya ingin tim Prabowo-Sandi menunjukkan etika politik yang benar kepada Ratna.

"Ini bukan soal mengambil keuntungan politik ini kan soal etika di dalam berpolitik. Jadi jangan sampai orang yang selama ini membantunya kemudian dicampakan begitu saja," kata Ace di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/2/2019).

"Kita harus jujur mengatakan bahwa yah kalau Ratna sarumpaet selama ini dukung Pak Prabowo ya akui saja, tapi jangan kemudian dicampakan begitu saja," sambungnya.

Politikus Partai Golkar itu menganggap apa yang dilakukan Ratna sebagai cara untuk mendukung paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Namun, kata Ace, cara yang dilakukan Ratna salah. 

"Apa yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet mungkin bisa jadi adalah upaya dia untuk membantu 02, tapi dengan cara bohong. Nah saya kira kejujuran itulah yang ingin disampaikan oleh Pak Jokowi," tutur Ace.

 

2 dari 2 halaman

Dianggap Naikkan Elektoral

Terpisah Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Fadli Zon menilai, pujian Jokowi kepada Ratna dimanfaatkan untuk kepentingan elektoral. Apalagi, kasus Ratna juga merugikan Prabowo-Sandi. 

"Itu kan mau mengambil keuntungan politik. Itu makin membuktikan bahwa kasus ini merugikan kami. Kan mau mengambil keuntungan politik apalagi namanya itu," ujar Fadli Zon.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Jawa Tengah Jokowi mengungkit kasus hoaks yang menjerat Ratna Sarumpaet. Dia mengaku mengenal Ratna sebagai orang yang jujur dan berani. Karena itu, Jokowi pun mengacungkan jempol kepada Ratna.

"Sehingga waktu terakhir sudah ramai, beliau sampaikan apa adanya. Saya sampaikan apa adanya, saya acungi jempol pada Mba Ratna Sarumpaet ngomong apa adanya," ungkap Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya