Munculnya Tiang Hitam Penyangga Langit Batam

Meski terpantau jelas, namun tiang hitam penyangga langit atau puting beliung ini dianggap tak mengganggu penerbangan.

oleh Ajang Nurdin diperbarui 11 Des 2018, 19:35 WIB
Puting beliung tampak seperti belalai hitam dari langit Batam dan menyerupai tiang awan. (foto: Liputan6.com / ajang nurdin)

Liputan6.com, Batam - Awan hitam di Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam membuat kelam suasana. Petir dan angin juga tak mau kalah menebar teror bagi yang belum pernah merasakan. Suasana Selasa (11/12/2018) siang memang kelam.

Tiba-tiba di sela petir yang terus berbunyi, ada sebuah juluran mirip pipa warna hitam. Angin juga makin kencang bertiup. Tak butuh waktu lama, akhirnya awan hitam itu berubah menjadi tiang yang turun dari langit. Puting beliung datang.

Menurut Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Klas I Hang Nadim Batam, Suratman, puting beliung itu terjadi karena pengaruh awan Comulonimbus.

"Pantauan kami yang terjadi di Batam di sekitar Kabil, Batam, " Kata Suratman.

Memang di sekitar daerah Kabil, awan hitam bergulung ini kemunculan pertama belalai langit berwarna hitam itu. Ini sejalan dengan peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau tgl 11 Desember 2018 yang menyebut potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Wilayahnya meliputi Kecamatan Nongsa, Batam Kota, Sei Beduk, Batu Ampar, Bengkong, Sagulung, Batu Aji dan sekitarnya. Itu bisa meluas hingga Kecamatan Tanjung Pinang, Bintan Utara, Teluk Sebong, Sri Koala Kobam, Teluk Bintan, Taopaya, Gunung Kijang dan sekitarnya," kata Suratman.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, akibat cuaca buruk ini, dua penerbangan dari Yogyakarta dan Surabaya terlambat. Namun tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat.

"Cuma sebentar, maskapainya juga sudah mendarat, masih berjalan lancar seperti biasa," kata Suwarso..

Hadirnya awan Cumulonimbus yang mengubah langit di Bandara Internasional Hang Nadim Batam menjadi gelap, menurut Suwarso tidak mengganggu aktivitas bandara. Karena itu terjadi cukup jauh dari lokasi bandara yang ada di Kecamatan Nongsa ini.

"Puting beliung di sebelah selatan, jauh dari kita di sini (Bandara Internasional Hang Nadim)," kata Suwarso lagi.

Belum ada laporan kerusakan akibat munculnya puting beliung alias tiang hitam penyangga langit ini.

Simak video puting beliung di Batam yang menyerupai tiang langit berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya