Australia Hibahkan Empat Hercules ke Indonesia

Indonesia dalam waktu dekat akan mendapatkan hibah empat unit pesawat C-130 Hercules dari Australia

oleh Liputan6 diperbarui 03 Jan 2012, 11:16 WIB
Liputan6,com, Jakarta: Indonesia dalam waktu dekat akan mendapatkan hibah  empat unit pesawat C-130 Hercules dari Australia. "Kemungkinan kedua tim teknis dari masing-masing negara akan bertemu pada pertengahan Januari ini," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Hartind Asrin di Jakarta, Selasa (3/1).

Hartind Asrin mengatakan, dalam pertemuan itu kedua tim akan membicarakan teknis hibah yang akan dilakukan setelah sempat tertunda pada 2011. Kepastian hibah empat unit pesawat Hercules dari Australia itu telah mendapat persetujuan dari Amerika Serikat sebagai produsen pesawat angkut berat Hercules.

Sementara itu, Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Rodi Suprasodjo mengatakan pesawat Hercules yang dibutuhkan TNI AU saat ini sebanyak 30 unit. Namun, TNI AU hanya memiliki 21 pesawat Hercules, sehingga masih kurang sembilan pesawat.

Rodi menambahkan,Tipe yang akan dihibahkan adalah tipe H, diremajakan kembali, dan akan digunakan TNI Angkatan Udara untuk menggantikan tipe B yang sudah sangat tua. (Ant/ARI)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya