Wali Kota Seoul Mengaku Terkesan dengan Gaya Presiden Jokowi

Seorang warga Seoul juga mengaku terkesan dengan penampilan Jokowi pada pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Sep 2018, 20:58 WIB
Presiden Jokowi menyaksikan kebersihan Sungai Cheonggyecheon saat jalan pagi di Seoul, Korsel, Selasa (11/9) pagi. (Foto: Setkab)

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Seoul Park Won-soon terkesan dengan gaya Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengunjungi kotanya pada 9 September lalu. Dalam kunjungan itu Jokowi melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari blusukan ke kawasan perbelanjaan Dongdaemun hingga bertemu grup K-Pop Super Junior.

"Saya sempat menemani Presiden Jokowi jalan-jalan di tepi Sungai Cheonggeyecheon. Beliau pakai kaos dan celana jins," kata Park Won-soon di Balai Kota Seoul, Korea Selatan seperti dikutip Antara, Sabtu (22/9/2018).

Dia juga mengemukakan, saat jalan-jalan di tepian sungai itu Presiden Jokowi mengungkapkan keinginannya menjadikan Sungai Ciliwung bisa seindah Sungai Cheonggeyecheon.

"Dulu Cheonggeyecheon juga sangat kotor dan tidak jernih seperti sekarang, tapi wali kota sebelum saya membuatnya jadi bersih seperti sekarang dan orang-orang jadi senang berjalan-jalan di sini," kata Park Won-soon.

"Sebenarnya di kota-kota yang cepat berkembang di seluruh dunia masalahnya juga sama seperti ini, termasuk di Korea Utara, kemarin Presiden Kim Jong-un juga menyatakan hal yang sama," imbuh dia.

Sementara seorang warga Seoul mengaku terkesan dengan penampilan Jokowi pada pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus lalu.

"Presiden Jokowi keren sekali saat naik motor di pembukaan Asian Games. Saya terkesan melihat dia melakukan itu," kata Sunny Eunsun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Menjadi Sorotan

Kunjungan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi ke Korea Selatan memang menjadi sorotan. Meski singkat, pada 9 hingga 11 September 2018, kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu ke negeri K-Pop itu begitu mencuri perhatian.

Lawatan ke Seoul ini merupakan kunjungan balasan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Indonesia pada 2017 lalu.

Selepas menghadiri Forum Bisnis dan Investasi Indonesia-Korea 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Istana Changdeok, Seoul, Senin 10 September 2018.

Jokowi dan rombongan langsung disambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook. Tampak juga anak-anak Indonesia dan Korea menyambut kedatangan kedua kepala negara dengan mengibarkan bendera Indonesia dan Korea Selatan.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menjelaskan, Jokowi merupakan kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok.

"Ini pertama kali, Presiden Korea Selatan menyambut tamunya di Istana Changdeok. Hal ini juga menunjukkan bahwa kami sangat menghormati Presiden Jokowi," ucap Kim Chang-beom dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, 10 September 2018.

Upacara kenegaraan penyambutan kepala negara biasanya dilakukan di Istana Kepresidenan Blue House.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya