Ekspor Innova ke Arab, Toyota Kijang Capai Produksi Dua Juta Unit

Torehkan prestasi industri otomotif Indonesia, Toyota Kijang mencapai produksi dua juta unit

oleh Yurike Budiman diperbarui 30 Jul 2018, 18:17 WIB
Toyota Kijang Innova terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, berhasil meraih pencapaian produksi ke- 2 juta unit untuk model Kijang.

Produksi Kijang ke-2 juta tidak mungkin dicapai tanpa sinergi yang kuat dari hulu ke hilir, mulai dari para pemasok hingga jaringan dealer Toyota di Indonesia.

Untuk diketahui, angka ini diraih atas produksi Kijang Innova tipe V berwarna white pearl transmisi otomatis (A/T) tujuan ekspor ke Saudi Arabia. Kijang tersebut keluar dari jalur produksi pada akhir Juni 2018 lalu.

Secara kumulatif, total produksi Kijang memiliki porsi 57 persen dari jumlah kendaraan utuh yang diproduksi pabrik TMMIN yang hingga kini telah mencapai lebih dari 3,5 juta unit.

"Capaian ini sekaligus memacu komitmen kami untuk bisa mencetak milestone-milestone berikutnya seiring dengan semangat untuk memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan industri otomotif nasional," kata Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, berdasarkan keterangan resminya, Senin (30/7/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Capaian tersebut tak terlepas dari respon Toyota terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serbaguna pada 1970-an.

Menindak lanjuti kebijakan pemerintah tersebut, Toyota Indonesia merancang kendaraan yang sesuai dengan karakter spesifik pasar, serta kondisi geografis Indonesia dengan melahirkan generasi pertama Toyota Kijang dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) yang diluncurkan, Juni 1977.

Seiring dengan kemajuan ekonomi dan kebutuhan masyarakat, rancang bangun Toyota Kijang juga terus dikembangkan sehingga mobil ini tidak lagi hanya sebagai BUV, tapi menjadi kendaraan serbaguna yang antara lain ditandai dengan kehadiran Toyota Kijang Generasi-2 pada tahun 1981.

Sejak saat itu, Toyota Kijang tidak lagi dikenal sebagai kendaraan angkutan barang (commercial) atau juga sebagai kendaraan keluarga yang saat ini dikenal sebagai Multi-Propose Vehicle (MPV).

3 dari 3 halaman

Tonggak Penting Toyota Kijang

Toyota Kijang Super (Youtube: Visual Matters)

Sederet capaian Toyota yang menjadi tonggak penting Kijang:

- 1977 Kijang generasi pertama diluncurkan

- 1981 Kijang generasi kedua diluncurkan

- 1986 Kijang generasi ketiga diluncurkan

- 1987 Ekspor perdana Kijang (ke Brunei Darussalam)

- 1997 Kijang generasi keempat diluncurkan

- 2003 Produksi Kijang ke-1 juta unit

- 2004 Kijang generasi kelima diluncurkan

- 2016 Kijang generasi keenam diluncurkan

- 2018 Produksi Kijang ke-2 juta unit

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya