Demi Asian Games, Sandiaga Ingin Relokasi PKL Sate Taichan ke Lapangan Golf

Sejumlah alternatif telah disiapkan Sandiaga Uno untuk merelokasi PKL sate taican yang berada disekitar kawasan Senayan.

oleh Ika Defianti diperbarui 12 Jul 2018, 23:31 WIB
Sate Taichan Mba Manyun, Jakarta. (Sumber Foto: mrkulinerjkt/Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan selama Asian Games 2018 akan memindahkan para pedagang sate taichan dan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Dia mengaku telah menyiapkan beberapa lokasi alternatif yang dapat digunakan, salah satunya yakni dengan memanfaatkan salah satu jalan di sekitar Senayan menjadi kawasan Pasar Malam

"Kita minta Senayan City give a night market for taichan atau Plaza Senayan, jalan-jalannya gede-gede begitu. Just for Asian Games ditutup dari ujung ke ujung, dari jam 20.00-02.00 WIB," kata Sandiaga di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Alternatif lainnya, dia menyebut ingin memindahkan para pedagang ke kawasan DPR hingga memanfaatkan lapangan golf di Senayan. Dia beralasan tidak ada orang yang bermain golf saat malam hari.

Kewajiban mal dan perkantoran menyediakan tempat untuk PKL diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Perpasaran Swasta. Serta saat kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga mengeluarkan Perpu Nomor 10 tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

"Tadi saya bilang di DPR atau didorong dekat Senayan City. Atau lapangan golf milik teman saya Gita Wirjawan, mungkin bisa pakai pelataran," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Alternatif lain, Depan Kemendikbud

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Liputan6.com/ Yunizafira Putri)

Sedangkan untuk pedagang di depan FX Sudirman, Sandiaga menyebut dapat dipindahkan ke halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Alangkah baiknya kalau kita bisa bicara sama Kemendikbud, di depan parkirnya gede. Bisa ditaruh 30-an pedagang kecil disana," jelas Sandi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya