Datang ke Rusia, HP Pemain Inggris Ditanami Anti-Peretas

Para pemain Inggris mendapat keamanan ketat di Rusia.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 15 Jun 2018, 06:40 WIB
Harry Kane (tengah) ketika tengah merayakan golnya ke gawang Nigeria pada laga uji coba, di Stadion Wembley, Sabtu (2/6/2018). (AP/Matt Dunham)

Liputan6.com, Moskow - Skuat timnas Inggris rupanya sangat terlindungi selama menjalani Piala Dunia 2018. Tak hanya penjagaan ketat oleh pihak keamanan, privasi para pemain juga mendapat pengawalan ketat.

Dilansir Evening Standard, sebelum berangkat, seluruh telepon genggam tim dikumpulkan oleh kepolisian Inggris. Seluruh perangkat tersebut dimasukkan software khusus agar tidak diretas selama di Rusia.

Selain itu, aturan ketat juga diberlakukan pada pemain Inggris selama di sana. Mereka dilarang menggunakan transaksi bank secara online dan membuat status yang bisa membuat kegaduhan di dunia maya.

Harry Kane dan kawan-kawan juga tidak diizinkan memakai Wi-Fi di sembarang tempat dan memakai memori penyimpanan yang didapatkan dari tempat umum.

Hal ini dilakukan agar para pemain timnas Inggris tidak terganggu kenyamanan selama terjun di Piala Dunia 2018. Apalagi belakangan ini hubungan antara Inggris dan Rusia semakin memanas.

 

2 dari 2 halaman

Komentar Intelijen

Bek Nigeria, William Troost-Ekong, duel udara dengan striker Inggris, Harry Kane, pada laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Sabtu (2/6/2018). Inggris menang 2-1 atas Nigeria. (AFP/Ben Stansall)

"Rusia sekarang memulai doktrinnya dengan memanipulasi media, memberikan informasi yang salah di media sosial dan melakukan penyerangan di dunia maya. Ini ancaman yang berbahaya," ujar Kepala Badan Intelijen Inggris, Andrew Parker.

"Saya pikir musuh-musuh telah mengadopsi teknologi canggih, terutama internet. Jadi kami harus mengantisipasinya," katanya mengakhiri.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya