Jalan Tol Salatiga-Kartasura Mulai Digunakan 8 Juni 2018

Jalan Tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32,9 kilometer ini akan dibuka fungsional untuk memfasilitasi arus mudik Lebaran 2018.

oleh Maria Flora diperbarui 07 Jun 2018, 20:11 WIB

Liputan6.com, Salatiga - Jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura, Jawa Tengah, besok dijadwalkan mulai digunakan. Jalur ini memang disiapkan bagi para pemudik. Rencananya, tol akan bisa dilalui mulai pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore dan masih gratis.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (7/6/2018), perbaikan dan penyempurnaan jalan terus dikebut PT Jasamarga Solo, Ngawi, selaku pengelola jalan tol dan PT Waskita sebagai pelaksana proyek, agar tanggal 8 Juni besok Jalan Tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura bisa dilalui.

Proses pengerasan jalan beton telah selesai. Lampu penerangan juga sudah dipasang. Jalan tol sepanjang 32,9 kilometer ini akan dibuka fungsional untuk memfasilitasi arus mudik Lebaran 2018.

Para pemudik diimbau selalu berhati-hati saat melintas. Batas kecepatan yang disarankan di bawah 40 kilometer per jam, karena ada 10 persimpangan sebidang.

Selain itu, lintasan Jembatan Kenteng juga perlu diwaspadai karena perbaikan belum rampung. Untuk sementara dibuat jalan beton melalui bawah jembatan dengan kondisi menurun dan tanjakan terjal serta menikung tajam.

"Ruas tol fungsional ini kecepatannya kami harap di bawah 30, karena ini ada persimpangan," ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Semarang Ipda Ari Parwanto.

Dua titik rest area bagi pengendara disiapkan di koripan STA 467 dan rest area mudal, lengkap dengan berbagai fasilitas. Seperti tempat parkir yang luas, musala, pos kesehatan, bengkel darurat, toilet hingga rumah makan.

Perlu dicatat, bahwa ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura akan difungsikan untuk mudik pada tanggal 8-17 Juni 2018 dan balik pada 18-24 Juni 2018.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya