FOTO: Potret Buram Konflik Kachin, Salah Satu Perang Terlama di Bumi

Selain etnis Rohingya, perang saudara juga terjadi antara tentara Myanmar dengan etnis Kachin yang mayoritas beragama Kristen.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 27 Apr 2018, 14:00 WIB
Potret Buram Konflik Kachin, Salah Satu Perang Terlama di Bumi
Selain etnis Rohingya, perang saudara juga terjadi antara tentara Myanmar dengan etnis Kachin yang mayoritas beragama Kristen.
Tentara Kemerdekaan Kachin berjalan di garis depan di Gunung Hpalap, negara bagian Kachin, Myanmar, 17 Maret 2018. Selain etnis Rohingya, perang saudara juga terjadi antara tentara Myanmar dengan etnis Kachin. (AP Photo/Esther Htusan)
Seorang Tentara Kemerdekaan Kachin berjaga di Lawa Yang, di luar Laiza, negara bagian Kachin, Myanmar, 20 Maret 2018. Konflik Kachin menjadi salah satu konflik terlama di bumi. (AP Photo/Esther Htusan)
Tentara Kemerdekaan Kachin berjalan di hutan Mu Du, negara bagian Kachin, Myanmar, 17 Maret 2018. Etnis Kachin telah berjuang untuk mendapat otonomi lebih besar di negara mayoritas Buddha sejak tahun 1961. (AP Photo/Esther Htusan)
Seorang Tentara Kemerdekaan Kachin berjalan di hutan Mu Du, negara bagian Kachin, Myanmar, 17 Maret 2018. Mayoritas etnis Kachin di Myanmar merupakan penganut agama Kristen. (AP Photo/Esther Htusan)
Warga mengungsi akibat pertempuran antara militer Myanmar dan gerilyawan Kachin dekat Tanai, negara bagian Kachin, Myanmar, 19 April 2018. Konflik Kachin menjadi salah satu perang terlama di muka bumi. (Labram Hkun Awng via AP Photo)
Seorang Tentara Kemerdekaan Kachin berjaga di pos terdepan di Gunung Hpalap, negara bagian Kachin, Myanmar, 17 Maret 2018. Sekitar 2.000 warga sipil, termasuk wanita hamil dan orang tua, terperangkap di hutan. (AP Photo/Esther Htusan)
Anak-anak pengungsi bermain di tempat penampungan sementara di Kamp Woi Chyai, Laiza, negara bagian Kachin, Myanmar, 19 Maret 2018. Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan di wilayah Kachin kembali meningkat. (AP Photo/Esther Htusan)
Kamp Je Yang di sepanjang perbatasan Tiongkok dengan Myanmar di negara bagian Kachin, 18 Maret 2018. Menurut PBB, 10.000 orang telah mengungsi sejak Januari 2018. (Kachin Independence Organization via AP)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya