Harga Daging Terus Melonjak

Jelang bulan suci Ramadan, harga daging terus melonjak di sejumlah pasar di Grobogan dan Tasikmalaya. Omzet penjualan pun menjadi menurun.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Jul 2011, 11:37 WIB
Liputan6.com, Grobogan: Jelang bulan suci Ramadan, harga kebutuhan pokok terus melonjak. Di Pasar Kota Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, misalnya. Harga daging sapi yang sebelumnya Rp 65 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram pada Jumat (8/7). Omzet penjualan pun menjadi menurun.

Kenaikan juga terjadi pada sayur mayur dan telur di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada daging ayam dan telor ayam. Daging ayam potong yang biasanya dijual Rp 21 ribu, kini naik hingga Rp 28 ribu per kilogram. Sementara harga telur ayam juga naik menjadi Rp 16 ribu perkilo.

Untuk harga sayur mayur seperti mentimun yang biasa dijual Rp 1.500 kini menjadi Rp 4.000 per kilo. Harga bawang merah naik menjadi Rp 17 ribu dan Rp 14 ribu perkilo untuk bawang putih. Kenaikan ini terjadi setiap harinya secara bertahap dari Rp 500 hingga Rp 1.000.

Menurut pedagang, kenaikan ini terjadi akibat kelangkaan barang. Pasalnya, penjualan daging ayam saat ini belum ramai. Jumlah pembelian pun menjadi menurun.(APY/ULF)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya