Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyaksikan penampilan sejumlah bintang K-Pop asal Korea Selatan dalam konser persahabatan di Pyongyang, Korut.

oleh Edmiraldo Siregar diperbarui 04 Apr 2018, 09:04 WIB
banner Pesona K-Pop Mendamaikan Korea (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah artis K-Pop asal Korea Selatan tampil di konser persahabatan bertajuk "Spring is Coming" di Pyongyang, Korea Utara (Korut), 1 April 2018. Pertunjukan itu turut disaksikan Presiden Korut Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-ju.

Kim Jong-un merupakan pemimpin Korut pertama yang menghadiri pertunjukan kelompok artis dari Korea Selatan (Korsel). Selain itu, adik perempuannya, Kim Yo-jong, disebut turut menghadiri konser tersebut.

Menteri Kebudayaan Korsel Do Jong-hwan mengatakan, Kim Jong-un menunjukkan ketertarikannya selama pertunjukan berlangsung. Dia pun beberapa kali bertanya soal lagu dan lirik yang dinyanyikan oleh artis-artis Korea Selatan itu.

Konser "Spring is Coming" digelar di tengah membaiknya hubungan antara 2 negara. Bahkan, kedua pemimpin negara, Kim Jong-un dan Moon Jae-in rencananya akan bertemu, 27 April 2018 mendatang.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
2 dari 3 halaman

Konser Perdamaian

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (tengah) dan istrinya Ri Sol-Ju (tengah kiri) berfoto bersama sejumlah bintang K-pop dan musisi dari Korea Selatan di East Pyongyang Grand Theatre, Korea Utara (4/1). (AFP Photo/KCNA)

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) memberitakan, Kim Jong-un senang menyaksikan konser ini. Apalagi setelah melihat para penonton menyaksikan penampilan para musikus Korsel dengan antusias.

Bahkan dia menyebut, penampilan tersebut bisa membawa "musim semi dari perdamaian" atau awal mula datangnya perdamaian untuk dataran Korea. Dia juga menyampaikan harapan agar kunjungan para musikus Korsel ini bisa memperlihatkan persatuan sebagai sebuah bangsa.

3 dari 3 halaman

Persiapan Pertemuan Tingkat Tinggi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Kepala Delegasi Korea Selatan Chung Eui-yong saat melakukan pertemuan di Pyongyang (5/3). (AFP/Handout)

Para pejabat tinggi kedua negara telah duduk bersama di Unification Pavilion, Panmunjom, 29 Maret 2018. Mereka membahas persiapan pertemuan tingkat tinggi Kim Jong-un dan Moon Jae-in atau yang resmi dikenal dengan nama Inter-Korean Summit.

"Dialog dengan delegasi Korea Utara hari ini ditujukan sebagai fondasi untuk pertemuan antara pemimpin kedua negara," kata Pemimpin Delegasi Korea Selatan sekaligus Kepala Komite Reunifikasi Korea Pemerintah Korea Selatan Ri Son-gwon.

Jika terlaksana, pertemuan kedua kepala negara itu akan menjadi kali ketiga. Inter-Korean Summit antara Korea Utara dan Korea Selatan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2000, diikuti edisi kedua pada tahun 2007.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya