Minwoo 100% Meninggal karena Henti Jantung, Apa Penyebabnya?

Mendengar kabar Seo Minwoo, leader boyband Korea 100%, meninggal dunia banyak orang yang kaget. Mengapa bisa Minwoo mengalami henti jantung?

oleh Aretyo Jevon Perdana diperbarui 26 Mar 2018, 16:30 WIB
Manajemen dan keluarganya saat ini tengah mempersiapkan upacara pemakamannya. Sesuai keinginan keluarga, leader grup 100% Minwoo akan dimakamkan secara tertutup. (instagram.com/sogogijusey)

Liputan6.com, Jakarta Seo Minwoo, pentolan grup K-Pop 100% meninggal 33 tahun. Pria yang biasa disapa Minwoo 100% mengembuskan napas terakhir karena henti jantung.

"Anggota 100%, Seo Minwo, meninggalkan kita untuk selama-lamanya pada 25 Maret. Minwoo ditemukan di rumahnya setelah mengalami henti jantung (cardiac arrest). Meski tim rescue berusaha menyelamatkannya sesegera mungkin, tapi dia tak bisa diselamatkan," tulis keterangan agensi tempat Minwoo bernaung, TOP Media, mengutip laman Koreaboo, Senin (26/3/2018).

Kepergian Minwo 100% untuk selama-lamanya membuat kaget banyak orang apalagi dia masih tergolong muda. Mengapa bisa begitu?

Tak disebutkan lebih lanjut hal apa yang menyebabkan Minwoo mengalami henti jantung. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang yang masih muda seperti Minwoo mengalami kondisi tersebut. Berikut tiga penyebab henti jantung pada usia muda melansir Mayo Clinic, Senin (26/3/2018). 

1. Kardiomiopati hipertrofik

Penyebab henti jantung yang pertama yaitu kardiomiopati hipertrofik. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh faktor keturunan. Pada kondisi ini, dinding otot jantung mengalami penebalan. Hal ini membuat sistem kelistrikan jantung terganggu, sehingga detak jantung pun menjadi tak beraturan. Inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya henti jantung secara mendadak.

2. Kelainan arteri koroner

Terkadang, seseorang bisa lahir arteri jantung yang tidak terhubung dengan baik. Arteri dapat tertekan selama olahraga dan tidak memberikan aliran darah yang seharusnya ke jantung.

3. Sindrom Long QT

Salah satu penyebab henti jantung lainnya adalah sindrom Long QT. Gangguan irama jantung ini merupakan kelainan bawaan. Detak jantung cepat dan tidak beraturan kerap kali menyebabkan kematian mendadak pada orang muda.

 

Saksikan juga video berikut ini :

2 dari 2 halaman

Sosok Minwoo di mata agensi 100%

Leader grup 100%, Minwoo ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di kediamannya daerah Gangnam, Seoul. Pria berusia 33 tahun itu meninggal dunia karena serangan jantung. (instagram.com/sogogijusey)

TOP Media mengungkapkan rasa sedih dan kehilangan sosok pemimpin grup boyband beranggotakan lima orang tersebut.

"Minwoo adalah sosok teman yang penuh kasih, pemimpin yang dapat diandalkan bagi anggota-anggotanya, dan seorang yang dengan tulus mencintai para penggemarnya," tulis TOP Media melalui pernyataan resminya tersebut.

Berdasarkan pernyataan tersebut, TOP Media mengonfirmasi pemakaman akan diselenggarakan secara tertutup atas keinginan keluarga.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya