Barcelona Lebih Kuat Tanpa Neymar

Barcelona ditinggal Neymar musim panas lalu.

oleh Thomas diperbarui 28 Jan 2018, 21:33 WIB
Pemain Barcelona, Lionel Messi (kanan) mendapat ucapan selamat dari pemain Barcelona lainnya, Neymar setelah memenangkan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or 2015 di Kongresshaus, Zurich, Senin ( 11/1). (AFP PHOTO/FABRICE COFFRINI)

Liputan6.com, Barcelona- Walau sempat menyesali kepergian Neymar, penyerang Barcelona Lionel Messi kini sudah bisa move-on. Messi melihat Barcelona malah mendapat keuntungan dari kepergian pemain asal Brasil tersebut. 

Neymar pada bursa transfer musim panas lalu meninggalkan Barcelona guna bergabung dengan Paris Saint Germain. Neymar memecahkan rekor transfer termahal di dunia senilai 222 juta euro.

Kepergian Neymar awalnya membuat prestasi Barcelona diprediksi banyak kalangan akan menurun. Namun pelatih baru Ernesto Valverde malah mampu menyulap Barcelona menjadi kekuatan menakutkan.

Dengan kepergian Neymar, Valverde terpaksa mengubah formasi menjadi 4-4-2. Langkah ini terbukti jitu. Barcelona kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol. Mereka belum tersentuh kekalahan sama sekali.

 

 

2 dari 3 halaman

Stabil

Lionel Messi (AP)
Melihat tranformasi yang dilakukan Valverde, Messi menilai Barcelona jauh lebih kuat tanpa kehadiran seorang Neymar.

"Tanpa Neymar, kami lebih seimbang. Kepergiannya berarti sebuah perubahan dalam cara bermain kami, kami kehilangan banyak potensi penyerangan tapi itu membantu dalam arti defensif," kata Messi kepada World Soccer.

3 dari 3 halaman

Pertahanan Terbaik

Foto dok. Liputan6.com
"Kami saat ini sangat kuat di tengah, ini membuat kami lebih kuat di pertahanan," tegas Messi.

Pertahanan Barcelona musim ini memang sangat tangguh. Mereka menjadi tim yang paling sedikit kemasukkan di La Liga. Hanya sembilan gol yang bersarang ke gawang Barcelona dalam 20 laga.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya