Tips Bikin Ruang Makan ala Cafe Langganan

Anda punya kafe favorit yang sering dikunjungi setiap minggu? Jika ya, adaptasi saja ke dalam interior rumah Anda. Begini caranya!

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 22 Sep 2017, 14:29 WIB
Tidak hanya membuat nyaman keluarga dan anak-anak, Anda pun lebih percaya diri mengundang teman untuk datang berkunjung.

Liputan6.com, Jakarta Tema unik yang diusung kafe dan restoran belakangan ini semakin menarik perhatian konsumen untuk berkunjung. Dengan desain interior yang kreatif, suasana kafe juga jadi terasa lebih nyaman sehingga bikin betah berlama-lama.

(Baca juga: 5 Tempat Nongkrong di Tangsel ini Bikin Punya Rumah di Sini Makin Asik)

Anda punya kafe favorit yang sering dikunjungi setiap minggu? Jika ya, mengapa tidak mengadaptasinya ke dalam interior rumah sendiri? Tidak hanya membuat nyaman keluarga dan anak-anak, Anda pun lebih percaya diri mengundang teman untuk datang berkunjung.

Simak beberapa tips mendesain rumah ala kafe favorit dari Rumah.com berikut ini.

1. Kenali tema

Setiap kafe atau restoran pasti memiliki tema untuk dekorasi interiornya. Anda boleh menerka-nerka sendiri atau bertanya langsung kepada pemiliknya. Beberapa tema interior yang sering diadaptasi antara lain industrial, retro, minimalis, atau casual dining.

Perhatikan dengan detil pemilihan material dan aksesoris di dalam ruangan. Biasanya restoran menghadirkan sentuhan berbeda pada pemilihan set meja makan dan dekorasi dinding.

Sebagai contoh, kedai kopi memiliki ciri khas penulisan menu makanan dan minuman pada sebidang papan tulis hitam-putih. Jangan ragu mengadaptasinya dengan memajang papan tulis di dapur atau salah satu dinding meja makan.

Kemudian, perhatikan pula jenis lampu yang digunakan, karena hal tersebut berpengaruh pada pencahayaan ruangan. Catat apa saja yang bisa Anda contek atau ganti sesuai dengan selera pribadi.

2. Peralatan makan

Selain dekorasi dan penataan ruangan, tentunya Anda ingin merasakan sensasi makan ala restoran, kan?!  Pilih peralatan makan yang sesuai dengan yang disajikan di restoran. Beberapa kafe kekinian sering memanfaatkan talenan sebagai pengganti piring saji.

Ada pula yang menggunakan gelas toples dan sedotan melingkar untuk menyajikan es blender. Anda juga bisa meniru menu yang disajikan di kafe dan menikmatinya di rumah dengan murah meriah.

Sentuhan Lembut dan Bunga

3. Sentuhan lembut

Selain fokus pada sajian makanan dan set meja makan yang formal, beberapa kafe ada yang memilih tema cozy ala rumah sendiri. Beberapa set sofa dan bantal kursi yang empuk membuat tamu yang datang betah mengobrol lama-lama.

Bahkan, ada pula kafe yang menyediakan bean bag (sofa bantal) dan karpet untuk bermain bersama beberapa kucing. Anda tentu bisa mengadaptasinya dengan lebih santai dirumah (tanpa harus memesan makanan).

4. Bunga potong segar

Bunga potong bisa memberi kesan mewah sekaligus pewangi ruangan alami. Untuk konsep meja makan ala restoran formal, bunga potong dan vas kristal wajib ada di meja makan. Kehadirannya bisa membuat selera makan Anda menjadi lebih lahap.

(Simak juga: Ragam pilihan perumahan dengan fasilitas food court mulai dari harga Rp300 jutaan)

5. Warna cat gelap

Pemilihan warna cat yang tegas sangat diperlukan ketika ingin meniru konsep restoran atau kafe langganan. Pasalnya, warna terang bisa memberi semangat dan nuansa yang berbeda ketimbang bermain aman dengan warna netral.

Sebagai contoh pilihlah warna merah burgundy untuk kesan mewah atau merah koral untuk kesan kasual.

 

Isnaini Khoirunisa

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya