Volume Oli Menentukan Umur Mesin

Jika tak tahu berapa takaran oli yang digunakan pada mobil Anda, ada baiknya membaca terlebih dahulu pada buku pedoman.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 01 Agu 2017, 06:08 WIB
Bila Anda tak punya waktu ke bengkel untuk mengganti oli atau ingin mencoba mengganti sendiri oli, ikuti langkah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Oli menjadi bagian penting agar kinerja jeroan mesin tetap terjaga dengan baik. Namun yang patut diketahui, penggunaan oli diwajibkan sesuai takaran dari yang dianjurkan pabrikan.

Menurut Assistant Sales Manager Aftermarket AISIN Asia Indonesia, Benny W Liem, untuk mengetahui berapa oli yang dibutuhkan mobil, ada baiknya berpedoman pada buku manual yang diberikan saat membeli mobil.

Hal ini tak lain karena masih saja terdapat pemilik mobil kerap mengisi oli secara asal dan ternyata jauh dari takaran yang telah ditentukan.

“Kalau tidak terlumasi atau ada bagian-bagiannya yang kurang. Contohnya ada bagian komponen di dalamnya A sampai Z, kalau tidak terlumasi semua bisa tidak maksimal performanya, “ ungkap Benny saat ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Tak dapat dimungkiri, meski memiliki kendaraan, tidak semua mengenal detail mobilnya. Termasuk takaran berapa liter oli yang harus diisi pada mobil kesayangannya.

Menurut Benny, kurang mengisi oli dengan tepat akan membuat mobil bermasalah dalam jangka panjang.

Beberapa bagian yang tidak terlindungi oli dipastikan akan terjadi gesekan antar komponen mesin, sehingga membuat di bagian mesin menguap dan menjadi panas. Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan buku pedoman manual.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya