Ribuan Rumah di Kapuas Hulu Terendam Banjir

Banjir di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, merupakan yang terparah selama sepuluh tahun terakhir. Pemkab setempat belum mengeluarkan kebijakan tanggap darurat.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Okt 2010, 01:28 WIB
Liputan6.com, Kapuas Hulu: Banjir setinggi 1,5 sampai dua meter merendam ribuan rumah di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Akibatnya, aktivitas warga menjadi terganggu dan mereka harus menggunakan sampan jika ingin pergi ke suatu daerah.

Banjir di Kapuas Hulu sudah terjadi sejak empat hari silam. Hingga Senin (11/10) dini hari, banjir masih merendam rumah, pertokoan, dan perkantoran yang ada.

Curah hujan yang tinggi diduga menjadi penyebab banjir. Sebab, derasnya hujan yang turun di kawasan tersebut membuat Sungai Kapuas tak sanggup menahan tingginya debit air.

Banjir di Kapus Hulu merupakan yang terparah dalam 10 tahun terakhir. Kendati begitu, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu belum mengeluarkan kebijakan tanggap darurat. Padahal, sejumlah jembatan yang menghubungkan beberapa kecamatan sudah terputus. Musibah banjir juga membuat pasangan pengantin terpaksa menikah di atas genangan air.(ULF)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya