Gen X,Y, dan Z, Mana yang Paling Setia di Tempat Kerja?

Di dunia kerja saat ini, ada beberapa generasi pekerja yang tengah aktif menggeluti karier yaitu generasi X, Y dan Z.

oleh Vina A Muliana diperbarui 07 Mar 2017, 05:30 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Demi bisa sukses mencapai tujuan, sebuah perusahaan harus ikut beradaptasi dalam perubahan zaman, termasuk dalam mengelola sumber daya manusia. Di dunia kerja saat ini, ada beberapa generasi pekerja yang tengah aktif menggeluti karier, yaitu generasi X, Y dan Z.

Survei yang dilakukan platform komunitas online Jobplanet menemukan temuan menarik akan tingkat kesetiaan dari pekerja lintas generasi ini.

Dibedakan berdasarkan rentang tahun kelahiran mereka, gen X, yang tengah mengisi dunia kerja saat ini, adalah para karyawan berusia di atas 35 tahun. Sementara gen Y kini mendominasi dunia kerja, dengan rentang usia karyawan 21–35 tahun.

Melansir Jobplanet.com, Sabtu (4/3/2017), gen X bekerja untuk meraih kemapanan dan kemandirian dalam hal ekonomi dan karier.

Sedangkan gen Y, yang besar bersama teknologi, dikenal sebagai generasi yang haus akan tantangan baru, mudah penasaran, dinamis, dan bekerja untuk mengoptimalkan potensi mereka. Hal ini akhirnya yang membuat banyak pekerja gen Y tidak bertahan lama pada suatu perusahaan.

Sebanyak 76,7 persen gen Y hanya memilih bertahan 1–2 tahun di tempat kerjanya sebelum memutuskan untuk berpindah kerja. Sebaliknya, gen X memiliki tingkat kesetiaan yang jauh lebih tinggi terhadap pekerjaan mereka.

Berbeda dari gen X dan Y, karyawan gen Z memiliki tingkat kesetiaan yang paling rendah terhadap pekerjaan mereka. Sebanyak 57,3 persen dari total responden gen Z berpindah kerja setelah satu tahun bekerja di suatu tempat.

Survei yang dilakukan Jobplanet mengambil data dari 88.900 orang responden dari 35 provinsi di Indonesia. Mayoritas responden merupakan pegawai gen Y , sisanya sebanyak 7.100 orang masuk dalam kelompok karyawan gen X dan 4.550 orang karyawan masuk dalam kategori gen Z.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya