Begini Cara Suporter Daerah Mendukung Timnas ke Pakansari

Sejumlah suporter klub luar Jawa Barat sudah bergerak menuju stadion.

oleh Risa Kosasih diperbarui 03 Des 2016, 18:50 WIB
Suporter Timnas. (Twitter)

Liputan6.com, Bogor - Istilah away days sebetulnya tak tepat bila dipakai pada pertandingan tim nasional Indonesia (timnas) melawan Vietnam, pada Sabtu (3/12/2016) malam nanti. Pasalnya, away days dipakai untuk menandai bahwa sekelompok suporter sepak bola akan berpindah tempat, dari basis kota klub kesayangan mereka untuk bertandang ke kandang lawan.

Dalam pengaplikasiannya, pendukung timnas Merah-Putih tetap menyerap kebiasaan suporter klub-klub di Inggris yang berpergian menggunakan kereta api. Perjalanan ke kota lain demi menonton timnas adalah sebuah pengorbanan dan kebanggaan tersendiri, mengingat fakta begitu luasnya geografis nusantara. Apalagi, bersatunya beragam fans fanatik di Indonesia dalam satu tempat untuk mendukung timnas merupakan fenomena yang jarang terulang.

Jelang bentrokan Indonesia versus Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, sejumlah suporter klub luar Jawa Barat sudah bergerak menuju venue pertandingan. Seperti foto yang diunggah pendukung klub Divisi Utama PS Mojokerto Putra dalam akun Twitter @Loyalis2001.

MP Loyalis 2001 berangkat dari Mojokerto, Jawa Timur, menggunakan moda transportasi kereta api. Semangat kedaerahan ditunjukkan dengan mencetak striker khusus yang dibawa rombongan tur suporter untuk ditempelkan pada titik-titik tertentu stadion.

Di sisi lain, fans klub PPSM Magelang akhirnya berhasil menempelkan beberapa striker sekaligus di tiang listrik stadion Pakansari. Aksi ini adalah bentuk eksistensi IVBM Street Art, nama komunitas ini dalam mendukung tim nasional Indonesia.

"When Timnas day comes (Saat Hari Timnas tiba)," begitulah yang tertulis dalam akun Twitter @art_ivbm.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya