Kisah Yona, Anak Difabel Pantang Menyerah yang Juara Lari

Keterbatasan fisik tidak menjadi hambatan seseorang untuk meraih prestasi

oleh Liputan6 diperbarui 29 Nov 2016, 10:45 WIB

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan fisik tidak menjadi hambatan seseorang untuk meraih prestasi, seperti yang di alami pada Yona Ferlia Prastiwi (15) lahir di Gunung Kidul 25 Februari 2001. Saat ini Yona tinggal di jatimulyo TR1/166 RT 08 RW 02 Yogyakarta.

Yona, seorang anak yang kekurangan dalam berbicara dan mendengar itu tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Bahkan dengan kekurangannya itu justru menjadi motivasi baginya untuk tetap meraih prestasi.

Yona menempuh pendidikan di SLB negeri 1 Bantul, di sekolahnya dia mengikuti banyak kegiatan untuk mengasah bakat yang dimiliki, diantaranya menari dan berlari, dengan bakat dan talenta yang dimilikinya Yona selalu menjadi perwakilan sekolahnya untuk mengikuti perlombaan – perlombaan yang diadakan oleh suatu lembaga dengan tingkat nasional.

Beragam kegiatan lomba yang di ikutinya, serta banyak pula prestasi yang di peroleh Yona. Adapun prestasi yang telah di raihnya seperti Juara 1 Lari 100 M Putri Tuna Rungu pada tanggal 17 s/d 18 April 2015, Juara 2 Lari 100 M Putri Tuna Rungu pada tanggal 19 s/d 21 Mei 2016, Sertifikat Peserta Didik dalam kegiatan Pembinaan Bakat Istimewa Bidang Seni Tari pada 26 Maret s/d 16 Juni 2015, Juara 2 Lari Anak Berkebutuhan khusus pada tanggal 17,19, dan 26 Maret 2016.

Yona mengikuti perlombaan itu karena Yona telah di percaya oleh gurunya, dengan bakat dan talentanya dia pasti bisa dan mampu mengangkat nama sekolah untuk menjadi perwakilan agar dapat menjadi juara di perlombaan tersebut. Dengan keterbatasannya, Yona dengan penuh percaya diri dan sangat bersemangat untuk mengikuti perlombaan serta dengan dukungan penuh dari kedua orang tua dan orang – orang di sekitarnya, dia merasa termotivasi untuk terus bersemangat, berjuang keras dan tidak berputus asa untuk terus berprestasi.

Karena dia sadar bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, asal dia mau berusaha keras dan tidak pernah menyerah apa yang di cita - citakannya pasti akan tercapai, karena dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan.

Penulis:

Fajar Pambudi H

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya